Apakah SEO Hanya Sebuah Permainan Kata–Kunci Semata?

Mungkin Anda telah mempelajari banyak mengenai SEO atau dalam bahasa lainnya yaitu mengoptimasi konten untuk tampil secara organik, dimana kita berusaha untuk menempatkan sebuah konten atau halaman website untuk berada dihalaman satu pencarian Google.

 

Sebenarnya ada dua macam cara yang dapat digunakan agar konten Anda ada di halaman 1 Google untuk kata-kunci yang Anda inginkan, yaitu dengan menggunakan 2 cara: Google Adwords/ Google Ads (Berbayar / Pay Per Click) dan cara SEO (Organik /tidak berbayar). Anda dapat membaca perbandingan keduanya disini

 

Tujuan dari memiliki konten yang berhasil bertengger pada halaman 1 Google tidak lain adalah untuk mendominasi traffic pengunjung yang kita ketahui bahwa, Google merupakan alat yang digunakan untuk mencari jawaban atas segala sesuatu yang ingin dicari, Anda dapat membayangkan jika Anda ditemukan pada kata kunci yang mereka targetkan dan Anda menawarkan sebuah produk atau layanan pada konten blog Anda yang merupakan solusi dari permasalahan mereka, maka tidak diragukan lagi Anda bisa mengkonversi dari pengunjung menjadi leads bahkan menjadi pelanggan.

 

 

Apakah perbedaan dari SEO dan PPC?

Google Ads (Adwords) merupakan cara yang paling instant untuk menempatkan sebuah konten web ke halaman 1 Google pada posisi teratas (ada pula posisi bawah). Google Ads tentunya berbayar sering juga disebut iklan PPC (Pay Per Click). Namun tidak dengan SEO, SEO merupakan treatment organic dimana Google akan menampilkan konten yang paling sesuai dengan yang penggunanya inginkan, dan lebih canggihnya SEO itu GRATIS.

 

Oke mungkin cukup untuk penjelasan singkat diatas, SEO (Search Engine Optimization) merupakan metode yang banyak orang pilih karena SEO menawarkan sebuah keuntungan yaitu FREE (Gratis).

 

Namun ada pendapat bahwa dengan keyword atau kata-kunci pada url ataupun judul saja sudah dapat mengusai halaman 1 Google untuk kata-kunci yang Anda inginkan.

 

 

Sebenarnya pernyataan diatas memang tidak sepenuhnya salah, karena memasukan kata-kunci ke dalam judul, meta deskripsi, dan Url juga merupakan beberapa faktor SEO. Juga Anda dapat masuk dengan mudah ke halaman pertama apabila kompetisi pada kata-kunci tersebut rendah.

 

Untuk mengetahui apakah kata-kunci yang Anda tuju rendah atau tinggi Anda dapat melakukan riset kata-kunci dengan tools Google keyword planner.

 

 

 

Kata- kunci yang memiliki status “high” dapat disimpulkan memiliki persaingan iklan yang cukup tinggi (Sangat diminati industri usaha untuk beriklan), apabila persaingan iklan cukup tinggi secara tidak langsung pastinya mereka mengupayakan untuk mendapatkan posisi pada pencarian organik.

 

 

Memeriksa Tingkat Kesulitan Persaingan Dengan Tools MOZ Bar.

Mozbar merupakan sebuah tools yang banyak digunakan para telemarketer untuk menentukan kualitas kumpulan websiite dalam mesin pencari seperti Google. Tools ini dapat menampilkan informasi PA & DA pada suatu website.

 

 

 

Apa yang dimaksud PA dan DA?

PA (Page Authority) merupakan angka yang dibuat oleh organisasi Moz yang dimulai dari dari angka 0-100 yang menunjukkan seberapa tinggi reputasi pada sebuah halaman website. Scoring pada aplikasi Moz ini bukanlah  angka resmi dari Google, namun tools ini dibuat algoritmanya dibuat supaya mendekati dengan penilaian Google.

 

Sedangkan DA (Domain Authority) sangat mirip dengan PA (Page Authority) namun perbedaanya DA digunakan untuk scoring keseluruhan domain website bukan per halaman seperti PA.

 

Jadi semakin tinggi nilai scoring pada PA, dan DA, semakin sulit juga persaingannya. Namun sebaliknya, kata-kunci yang menghasilkan website-website dengan angka PA, dan DA yang rendah biasanya persaingannya mudah untuk digeser.

 

Jadi kesimpulannya adalah mungkin ada beberapa orang yang berkata bahwa memasukan kata-kunci saja sudah cukup tersebut mendapatkan kontennya berada di halaman 1 untuk kata-kunci yang memiliki kompetisi atau bahkan pencarian yang rendah.

 

Hal yang perlu Saya tekankan dan perlu untuk Anda ketahui adalah SEO sendiri merupakan sebuah cara dimana Anda mengupayakan segala hal yang Google inginkan. Upaya tersebut sering disebut dengan faktor-fakto SEO.

 

Tugas Anda sekarang adalah berupaya memenuhi segala faktor yang mempengaruhi penilaian tersebut. Namun banyak pakar telemarketing berpendapat bahwa ada sekitar 200 faktor yang dapat mempengaruhi SEO yang dapat Anda cek disini.

 

Jadi ada sekitar 200 atau lebih faktor yang dapat mempengarui penilaian Google terhadapa konten yang Anda terbitkan.

 

Mungkin saat ini Anda sudah pusing dengan hanya melihata nomer 200 faktor tersebut, namun Anda tidak perlu khawatir kemungkinan saat Anda membuat sebuah website Anda telah memiliki setidak nya 30% faktor yang ada di list pada url diatas.

 

Ketika ada sekitar 200 faktor yang memengaruhi posisi SERP pada hasil mesin pencari seperti Google, Anda harus memilih mana yang paling penting untuk Anda kerjakan dan memiliki pengaruh atau perubahan terbesar.

 

 

Baiklah disini Saya akan memberikan Anda rahasia yang mungkin hanya sedikit yang memberitakan informasi ini, tentang 8 faktor yang memiliki dampak terbesar bagi upaya SEO. Oke mari kita lanjutkan pembahasan ini.

 

8 Komponen Utama  Yang Mempengaruhi Upaya SEO Anda

  • Referring domains/ referensi
  • Organic click-through-rate / Jumlah pencarian organik
  • Domain authority
  • Page Authority
  • Struktur halaman yang mobile friendly
  • Dwell time / waktu atau lama akses
  • Total number of backlinks / jumlah backlink
  • Content quality / Kualitas Konten
  • On-page SEO

 

Refering Domain

Refering domain adalah sumber domain dimana orang-orang datang, kalu Anda masih bingung contohnya seperti ini (Anda mengunjungi situs B karena membaca situs A, jadi situs A merupakan refering domain situs B).

Jika Anda menanamkan link pada bagian signature di forum, maka ketika ada orang yang mengklik link signature Anda berasal dari refering domain.

 

Apabila Anda direkomendasikan oleh website yang memiliki PA dan DA yang tinggi maka besar kemungkinan Anda akan menikmati keuntungan dalam upaya SEO Anda.

 

 

Organic CTR (Click Through Rate)

“Organic CTR” (rasio klik-tayang)  mengacu pada rasio dari banyaknnya klik yang menuju situs website Anda melalui tautan / url yang ditemukan pada hasil penelusuran organik.

“Organik” yang dimaksudkan di sini adalah hasil penelusuran yang dipilih oleh mesin telusur seperti Google berdasarkan seberapa bagus kecocokan konten Anda dengan permintaan pengguna, versus iklan berbayar yang ditampilkan di query(kata pencarian) yang sama).

Semakin baik SEO Anda, maka semakin tinggi pula kesempatan bagi konten Anda untuk muncul di SERPs (halaman pencarian Google).

Semakin tinggi posisi konten Anda muncul (posisi paling atas kolom pencarian), semakin besar juga kemungkinan konten Anda untuk diklik.

 

Jadi CTR adalah rasio klik konten Anda yang dibandingkan dengan rasio konten Anda ditampilkan. (Klik Konten : Impression) inilah yang disebut sebagai CTR Organic.

Apakah CTR organik memengaruhi peringkat mesin pencari? Yap, benar. Google dan mesin pencari lainnya tampaknya melihat CTR organik sebagai sinyal penting dari kualitas dan popularitas suatu website. “CTR dan peringkat adalah variabel kodependen,”. Berikut merupakan cara meningkatkan CTR Anda menurut Wordstream.

CTR mungkin mungkin bukanlah “faktor peringkat utama mesin pencari”, tetapi jika CTR memiliki dampak yang cukup signifikan dalam faktor peringkat, dan CTR merupakan hal yang penting. Lebih jauh lagi, bahkan jika CTR tidak memengaruhi faktor peringkat, Anda tetap harus peduli terhadap rasio CTR Anda!

Halaman Website Yang Mobile Friendly

Google maupun search engine lainnya menggunakan faktor ini sebagai faktor peringkat khususnya pada pencarian lewa tampilan mobile seperti smartphone, I pad, tablet, dan gadget lain dengan dimensi layar yang kecil.

Fungsi utama website yang mobile friendly tidak lain adalah untuk memudah pengunjung website bernavigasi pada situs web Anda, dan memudah mereka untuk menyerap semua informasi yang Anda berikan.

Terdengar saat masuk akal apabila pengunjung akan segera menutup halaman web Anda jika menampilkan desain yang buruk saat dibuka lewat tampilan mobile.

 

 

 

 

Dampaknya adalah website Anda akan memiliki bounce rate yang tinggi yang merupakan salah satu fakor peringkat Google juga.

 

Halaman yang mobile friendly merupakan struktur vital yang semua pemilik website harus pikirkan, selain memperhatikan kenyamanan pengguna ada konsekuensi fatal yang harus Anda hadapi yaitu “kemungkinan besar situs web Anda tidak akan ditemukan pada pencarian mobile hanya karena situs Anda tidak memiliki fitur ini”.

 

Akan sangat disayangkan jika Anda mengetahui bahwa di 5 tahun belakangan ini kebiasaan orang-orang sudah mulai bergeser, dari awalnya mencari informasi melalui komputer atau personal PC sekarang lebih banyak traffic pengunjung yang menggunakan mobile gadget.

Sumber: Statista

 

 

 

Cara untuk mengecek apakah website Anda sudah mobile friendly atau belum.

Anda dapat menggunakan tools gratis dengan mobile friendly test Google

Tools ini akan memperlihatkan elemen apa yang meneyebabkan website Anda tidak dapat di load sempurna untuk tampilan lewat mobile, dengan mengetahui info ini tentunya Anda dapat memperbaikinya dan membuat website Anda mudah untuk digunakan pada perangkat mobile.

 

 

Lalu bagaimana cara membuat halaman website menjadi mobile friendly?

Jika Anda meggunakan tema wordprees sebenarnya sudah defaultnya situs tersebut sudah mobile friendly, namun ketika Anda menambahkan fitur / gambar yang bukan defaultnya maka sangat mungkin terjadi situs web menjadi tidak mobile friendly lagi.

 

Jadi apa yang harus dilakukan ketika web Saya terlihat berantakan atau tidak mobile friendly pada tampilan mobile?

 

Anda dapat mempekerjakan seorang ahli untuk medesain tampilan mobile pada tema yang Anda gunakan, ataupun Anda dapat mempelajari struktur website Anda, tentunya jika Anda menggunakan CMS wordpress bukanlah hal sulit untuk Anda pelajari sendiri dikarenakan struktur defaultnya yang sudah responsive.

Baca juga: Inilah alasan mengapa Anda membutuhkan website yang mobile friendly.

 

 

 

Dwell Time / Lama Akses

Apa sih yang dimaksud dengan dwell time? Dwelling time adalah waktu akses pengunjung sebelum kembali ke halaman SERP.

 

Berawal dari tiga tahun lalu, Duane Forrester yaitu seorang tenaga ahli webmaster Bing menulis sebuah posting blog tentang cara membangun konten berkualitas. Pada posting blog itulah pertama kalinya konsep dwell time pertama kali diperkenalkan.

Sederhananya, dwell time  adalah lamanya waktu real time yang dihabiskan pengunjung pada suatu halaman web sebelum kembali ke SERPs.

Secara teori, semakin lama waktu kunjungan web maka semakin baik kualitas kontennya, karena ini menunjukkan bahwa pengunjung telah menghabiskan sebagian besar (jika tidak semua) waktunya melihat konten pada halaman web sebelum kembali ke halaman pencarian (SERPs) atau melakukan action lain di website Anda, misal:mengklik halaman lain.

 

Berikut merupakan kelanjutan dari kalimat Duane:

 

Waktu/ durasi dimana pengunjung mengklik hasil pencarian dan ketika mereka kembali dari website Anda mereka menceritakan informasi yang amat berharga. Satu menit atau dua menit cukup baik dan mengindikasikan pengunjung mengkonsumsi informasi dari konten Anda. Jika kurang dari beberapa detik disimpulkan bahwa konten yang Anda tulis tidak bagus.

Namun masih ada keraguan disini, kenapa dwell time dipilih search engine sebagai faktor yang cukup penting bagi penilaian search engine? Oke kita perhatikan pernyataan selanjutnya dari Duane Forester.

Tujuan Anda sebenarnya adalah memastikan ketika pengunjung datang ke halaman web, konten Anda harus dapat menjawab keinginan mereka, dan mendorong pengunjung untuk melakukan kegiatan lain di web Anda. Jika konten Anda tidak memiliki dorongan yang membuat mereka untuk bertahan lama di web Anda maka mereka akan segera pergi dari web Anda. Search engine mampu merasakan hal ini dengan melihat dwell time pada suatu web.

Domain Authority

Domain authority adalah sebuah ukuran seberapa baik kah kualitas sebuah situs website untuk tampil pada hasil mesin pencarian seperti Google. Ukuran skor peringkat pada domain authority ini dikembangkan oleh MOZ.

Sebelumnya Google lebih dahulu mengeluarkan sebuah metode ini, namun Google berhenti memberikan informasi kinerja situs website ini yang disebut PR (Page Rank). Setelah Google menghentikan informasi untuk mengukur kualitas suatu web maka saat ini DA menjadi salah satu pengganti ukuran kualitas dari suatu website.

Otoritas Domain dihitung dengan mengevaluasi beberapa faktor, termasuk menghubungkan domain akar dan jumlah tautan total, ke dalam skor DA tunggal. Skor ini kemudian dapat digunakan saat membandingkan situs web atau melacak “kekuatan peringkat” suatu situs web dari waktu ke waktu.

Page Authority

Page authority (PA) pada dasarnya sama seperti domain authority (DA), namun yang membedakan adalah ketika DA merupakan kalkulasi atau ukuran kualitas dari keseluruhan website, sedangkan PA merupakan ukuran skor yang diambil berdasarkan per halaman. Jadi sangat besar kemungkinan skor PA pada halaman satu berbeda dengan halaman lainnya.

Namun banyak pakar SEO berpendapat bahwa “Google tidak memberikan suatu peringkat hanya berdasarkan kualitas DA sebuah situs website, namun faktor peringkat terbesar diambil berdasarkan per satu halaman/ PA nya.

Anda dapat melihat PA & DA pada situs web dengan menggunakan MozBar (Anda dapat menginstal ekstensi ini di Chrome gratis), Link Explorer (alat untuk analisis backlink), dan beberapa Tools SEO lainnya.

Jumlah Backlink

Backlink adalah url atau link yang dibuat oleh sebuah website yang mengarah ke website lain. Backlink memiliki dampak keuntungan yang sangat besar terhadap website Anda, terutama pada  mesin pencari seperti Google.

Inilah mengapa Backlink digadang-gadang sebagai salah satu faktor penting yang berguna untuk meningkatkan peringkat SEO pada suatu situs website. Mesin pencari seperti Google menghitung peringkat menggunakan beberapa faktor salah satunya adalah backlink, namun tidak ada yang tahu berapa persenkah bobot dari backlink ini, namun yang kita tahu pasti adalah backlink merupakan sesuatu yang amat penting.

Baca selengkapnya mengenai subject ini pada artikel berikut: Apa itu backlink, dan apakah kegunaanya optimasi SEO.

 

Kualitas Konten

Apa itu konten? Di dalam digital marketing, konten adalah potongan informasi yang tersedia di semua media elektronik(internet), Aturan baku dari konten yang berkualitas adalah memiliki beberapa faktor yaitu: konten yang bagus harus menarik, informatif, menghibur, dan bermakna.

Ada banyak sekali permintaan untuk pencarian konten pada setiap bidang industri. Juga, tidak selalu mudah untuk menghasilkan konten yang bisa mendapatkan banyak perhatian pengunjung. Bahkan tantangan yang seringkali dihadapi oleh pembuat konten adalah bagaimana menghasilkan jenis konten yang sesuai dengan target pelanggan ideal untuk usaha Anda.

https://neilpatel-qvjnwj7eutn3.netdna-ssl.com/wp-content/uploads/2015/02/image23.gif

Ada beberapa kesalahan umum yang kerap dilakukan oleh para pelaku industri dalam strategi membangun konten.

Kesalahan pertama: konten dibuat untuk tujuan penjualan.

Masih banyaknya konten kreator yang berpikir bahwa konten dibuat untuk melakukan promosi, mungkin sekaranglah waktunya Anda mengubah pendekatan kepada pembaca Anda. Faktanya adalah konten Anda seharusnya tidak ditunjukan untuk berjualan langsung kepada pembaca Anda.

Konten mungkin bagus untuk meletakan iklan layanan Anda, tapi Anda harus fokus untuk membuat konten yang original, menarik yang dapat membangun hubungan komunikasi dengan target audience Anda.

Bagus untuk Anda ingat bahwa ketika kustomer potensial Anda tertarik dan puas dengan informasi yang Anda berikan setelah membaca/ melihat konten Anda maka banyak hal menarik akan Anda temukan setelahnya.

Kesalahan kedua: Menceritakan tentang Anda ataupun perusahaan Anda.

Banyak orang maupun perusahaan yang baru memahami pentingnya web presence selalu jatuh ke dalam kesalahan yang sama.

Seperti yang dikatakan Bob Burg dalam bukunya, “It’s Not About You”, Bob Burg menjelaskan bahwa yang paling penting dalam bisnis Anda adalah memiliki pola pikir pelanggan dan ikut tersesat dalam urusan mereka.

Bahkan sepertinya halaman “Tentang kami” sama sekali tidak memiliki point tentang siapa Anda sebenarnya!

https://neilpatel-qvjnwj7eutn3.netdna-ssl.com/wp-content/uploads/2015/02/image131.jpg

Yang perlu Anda perhatikan: konten tidak selalu tentang Anda atau perusahaan Anda. Tentu saja, pada titik tertentu Anda dapat memunculkan pencapaian pribadi atau sesuatu yang berharga, tetapi cobalah untuk tidak berfokus tentang siapa Anda, tapi fokuslah untuk memberikan pembaca Anda sesuatu yang pantas dan berharga untuk diingat.

Baca juga: How to create better content

Optimasi On Page SEO di Website Anda

Optimasi On-page SEO pada dasarnya merupakan suatu cara agar mesin pencari seperti Google dapat memahami konten Anda dengan lebih baik.

Upaya on-page SEO ini dapat Anda optimasi langsung di dalam situs web Anda. Contohnya yang dapat Anda optimasi seperti mengoptimalkan konten, mengubah meta deskripsi, dan title tag.

Tujuan utama dari optimasi on-page ini adalah untuk meningkatkan posisi konten Anda agar mendapatkan halaman satu pada mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dan lainnya.

On-page sangat berbeda dengan Off-page SEO. Perbedaan yang paling dapat dilihat adalah SEO On-page dilakukan di dalam struktur website Anda, sedangangkan Off-page SEO dilakukan diluar website yang Anda kelola seperti melakukan usaha penyebaran backlink, dan usaha diluar web lainnya.

Jadi mungkin SEO memang sangat erat kaitannya dengan kata-kunci. Kegiatan seperti riset kata kunci untuk menentukan keyword atau kata-kunci mana yang worth it untuk di optimasi, penempatan kata-kunci pada konten, dan konten apa yang paling mujarab untuk menarik pelanggan potensial Anda.

Namun kata-kunci bukanlah suatu patokan utama dalam upaya optimasi SEO. Dengan mengenal segala langkah yang dibutuhkan maka Anda akan mengerti dan memahami apa yang search engine seperti Google inginkan.

https://ahrefs.com/blog/dwell-time/

https://www.wordstream.com/blog/ws/2014/06/10/dwell-time

The post Apakah SEO Hanya Sebuah Permainan Kata–Kunci Semata? appeared first on IndonesiaGo Digital.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penetapan Hak Waris Anak di Bawah Umur

20 Elemen Website Yang Jarang Orang Tahu Tapi Bisa Menaikkan Omzet 100X Lipat

Apa Itu Google AMP dan Keuntungan Ketika Menggunakannya