Apa Itu Google AMP dan Keuntungan Ketika Menggunakannya

Kali ini Saya akan membahas mengenai Apa Itu Google AMP dan Keuntungan Ketika Menggunakannya. Sekarang yang dapat Saya katakan adalah “Sudah tiba waktunya untuk mempercepat waktu muat (loading time) website Anda untuk pengunjung yang mengakses lewat perangkat mobile.”

Ketika Google mengumumkan pembaruan untuk mobile friendliness dan menjadikannya sebagai salah satu faktor peringkat / SERPs, para pemilik web  berlomba-lomba untuk membuat webnya menjadi lebih cepat untuk diakses.

Mempercepat akses halaman web pada pencarian seluler merupakan hal yang baik. Bayangkan jika Anda mengakses suatu web dari perangkat mobile Anda dan mendapati web tersebut sangat lama (lemot) untuk dimuat, tentunya hal itu akan sangat menjengkelkan dan mebuat pengguna web tersebut tidak dapat menikmati konten yang disediakan.

 

Pentingnya Mempercepat Waktu Muat Website untuk Profit yang Lebih Banyak

Jadi, bagaimana solusinya?

Pernahkah Anda berpikir tentang mempercepat halaman mobile Anda? Nah, artikel singkat ini dapat membantu Anda untuk mengerti apa yang AMP dapat lakukan untuk mempercepat halaman seluler Anda.

 

Apa Itu Accelerated Mobile Pages – atau AMP.

Kecepatan merupakan bagian penting  dari desain serta pengembangan website. Data dari KISSmetrics menunjukkan bahwa “sekitar 40% orang akan meninggalkan halaman web yang memiliki waktu (loading time) lebih dari 3 detik untuk termuat secara sempurna.”

Dalam beberapa kasus, jika situs belanja online menghasilkan Rp 100.000.000 per hari, penundaan halaman 1 detik saja dapat berpotensi menghilangkan sekitar Rp 2.5 M keuntungan penjualan setiap tahun.

Apa Itu Google AMP dan Keuntungan Ketika Menggunakannya mengapa AMP?

Menurut Google, plugin AMP dapat memangkas waktu muat / loading time berkisar 15% sampai 85%, pada pengujian awal.

Pada bulan Desember 2015, Google menyatakan bahwa Accelerated Mobile Pages mungkin menjadi sebuah faktor peringkat SEO di tahun 2018.

Seperti yang diperkirakan oleh pakar web, para telemarketer, dan praktisi SEO mereka mulai menganalisis bagaimana AMP dapat memengaruhi faktor peringkat di pencarian seluler. Kemudian mereka menemukan beberapa kasus yang menunjukkan fakta bahwa AMP memang memiliki dampak yang sangat besar bagi peringkat suatu website pada mesin pencari di perangkat mobile.

Singkatnya, halaman website yang  menggunakan AMP memiliki performa  lebih baik dalam hal kecepatan halaman muat, memiliki dorongan peringkat di search engine (Google, Bing, Yahoo, dll.) pada pencarian melalui mobile/seluler,  dan halaman yang menggunakan AMP memiliki tingkat konversi pengunjung menjadi pembeli (closing) yang lebih besar dibandingkan halaman yang belum menggunakan AMP.

Apa saja Jenis Google AMP?

Jenis jenis Google AMP

 

Google AMP dibagi menjadi tiga jenis berbeda, yaitu HTML AMP, AMP JS, dan AMP Cache.

AMP HTML: Adalah kumpulan tag pra-pemrosesan yang didefinisikan dengan jelas dalam HTML AMP. Tag ini pada dasarnya terbatas pada pemformatan teks dan tag penyematan gambar saja, seperti: amp-embed, amp-pixel, amp-ad dan amp-video.

AMP JS: Ditunjukan untuk file Javascript. AMP jenis ini dapat mempercepat  pemuatan sumber eksternal yang berada di latar belakang. AMP jenis ini juga mampu melakukan content tracing.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi waktu pada perangkat seluler dengan cara meminimalkan penggunaan data pada jaringan seluler.

AMP Cache: Adalah sistem server Google yang bertanggung jawab dalam pengambilan konten terbaru dan menempatkanya di hasil penelusuran global Google, hal ini disebut Cache AMP.

Mengapa AMP Sangat Cepat?

AMP SANGAT CEPAT loh

 

AMP dapat kita ibaratkan sebagai sebuah program diet pada HTML, dan inilah mengapa ada beberapa tag HTML tertentu yang tidak dapat digunakan. Karena AMP merupakan versi HTML yang lebih ringan, ini akan memberi Anda waktu pemuatan yang lebih cepat. HTML AMP dapat memangkas waktu muat(loading time) sampai 15-85% lebih cepat daripada halaman non-amp.

AMP Cache dari Google juga dapat membawa  konten yang sudah terimplementasi AMP agar berada pada posisi teratas di mesin pencari.

penurunan konversi pada lama halaman muat

Selain itu, AMP bertujuan menciptakan pengalaman pengguna yang luar biasa. Jika Anda mencari informasi di internet dengan smartphone Anda. Dengan waktu loading time yang cepat, dijamin bahwa pengunjung akan tetap berada di dalam situs web Anda untuk menikmati konten Anda lebih lama dan nantinya, AMP  akan membantu Anda mendapatkan posisi yang bagus di mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo.

Apakah AMP Memiliki Pengaruh Untuk SEO?

 

Karena Google menyatakan bahwa kecepatan halaman dan kesiapan seluler adalah penentu peringkat tautan konten situs di SERP. Jika situs tersebut cepat dan dapat diakses dari perangkat seluler, itu lebih mungkin terlihat lebih tinggi di hasil pencarian.

Tak perlu ditanyakan  lagi, pastinya pengunjung web selalu menyukai situs website yang cepat. Untuk mendapatkan situs web semacam itu, Anda harus mengoptimasi gambar, konten,dll  agar situs web Anda dapat ter load lebih cepat dan disinilah AMP datang dan m­emainkan perannya.

Serupa dengan Google News Box, modul AMP dapat memengaruhi hasil penelusuran organik dan  tampil di bagian atas. Dampak pertama pada pemilik web yang belum menyadari kegunaan dari AMP adalah pertama-tama mereka akan mengalami penurunan pada jumlah pageviews dan klik, bahkan ketika mereka memiliki peringkat yang bagus.

Pada saat yang sama, pemilik web yang sudah menyadari keuntungan dari AMP akan mengalami peningkatan peringkat untuk kata kunci broad maupun long tail (keyword).

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Mungkin apabila Anda sudah mengetahui mengenai Facebook Instant Article, Anda mungkin akan menemukan batasan dalam fitur Facebook yang satu itu. Hanya pemilik web yang dipilih saja yang dapat menggunakannya fitur tersebut.

Tetapi dengan Google AMP, hampir semua orang dapat menggunakannya dan mengimplementasikannya.

Kesimpulan

Perubahan kebiasaan masyarakat secara nyata dapat kita lihat dari adanya kegiatan pencarian informasi yang tadinya mengandalkan desktop/laptop ke penggunaan perangkat mobile secara massif.

Jumlah pencarian informasi dengan menggunakan smartphone semakin lama semakin meningkat jika di bandingkan dengan yang mengakses internet via desktop.

Karena informasi dibutuhkan dengan cepat, muncul lah berbagai fasilitas seperti AMP untuk mempercepat pemberian informasi tersebut

Karena informasi dibutuhkan dengan cepat, muncul lah berbagai fasilitas seperti AMP untuk mempercepat pemberian informasi tersebut, dan kini Google menyatakan bahwa AMP menjadi sebuah standar dari penulusuran mesin pencari seluler. Dengan kata lain, jika kita tidak mengikuti aturan tersebut maka bukan tidak mungkin peringkat website kita akan merosot di SERP (Search Engine Result Pages) Google.

 

Semoga diskusi ini dapat menjawab semua pertanyaan Anda tentang apa itu Google AMP dan apa keuntungannya. Oleh karena itu, jangan terlambat dan terapkan ini jika Anda ingin membantu pengunjung website Anda agar memiliki akses yang lebih mudah menjelajahi  situs web Anda.

Baca Juga: Pentingnya Mempercepat Waktu Muat Website untuk Profit yang Lebih Banyak

 

 

 

Referensi:  neil patel , G web pro

 

 

 

The post Apa Itu Google AMP dan Keuntungan Ketika Menggunakannya appeared first on IndonesiaGo Digital.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penetapan Hak Waris Anak di Bawah Umur

20 Elemen Website Yang Jarang Orang Tahu Tapi Bisa Menaikkan Omzet 100X Lipat