Apa Itu Click Bait, Contohnya, Serta Tips Menggunakannya.

Clickbait adalah sebuah teknik dari membuat sebuah judul yang menarik. Fenomena clickbait telah banyak beredar di sosial media. Banyak pembuat konten yang menggunakan click bait untuk menarik pembaca/netizen, yang pada akhirnya mengklik judul unik tersebut karena tertarik dan penasaran untuk membacanya.

 

Judul click bait bahkan membuat banyak dari netizen untuk mengklik tombol like & share tanpa membuka isinya.  Judul click bait seringkali memiliki judul-judul yang ketika dibaca bahkan bisa membuat dahi mengernyit, tapi tak jarang hal itu “sukses” membawa pembaca untuk meng-klik artikel tersebut. Fenomena inilah yang sering disebut dengan clickbait.

 

Namun, belakangan ini netizen seringkali menghindari artikel atau tautan yang memiliki gambar atau judul yang clickbait, alasannya tidak lain adalah penggunaan metode ini untuk sesuatu yang tidak benar, contohnyanya mengarahkan pembaca ke topik yang tidak relevan, berita bohong / hoax, dan bahkan membuat kita ingin memaki si konten kreator karena menyajikan konten yang tidak masuk akal ataupun bohong.

 

 

Ankesh Anand, dari Indian Institute of Technology, mengatakan dalam tulisannya yang berjudul “We used Neural Networks to Detect Clickbaits: You won’t believe what happened Next!” mengatakan bahwa clickbait merupakan istilah untuk judul berita yang dibuat untuk menggoda pembaca. Biasanya menggunakan bahasa yang provokatif nan menarik perhatian. Karena judul adalah elemen yang paling pertama dibaca netizen di hasil pencarian, maka dengan mengoptimasi judul jumlah klik bisa bertambah.

 

Tujuan sebenarnya dari membuat judul maupun gambar click bait tidak lain adalah untuk menjaring banyak orang untuk membaca konten yang kita buat, tentunya dengan menyelaraskan antara judul dengan isi konten agar pembaca tidak seperti membuka kotak yang indah namun saat dibuka ZONK.

 

 

pada kasus ini mesin pencari seperti Google merupakan medianya Google dapat memberikan banyak traffic atau pengunjung ke website kita. Pada dasarnya, orang-orang mengeklik konten yang mereka anggap relevan dan menarik dilihat dari judulnya. Namun, jika judul Anda ditulis secara asal asalan, calon pengunjung (atau bisa jadi calon pelanggan) Anda pasti akan mengabaikan konten anda dan mengklik konten lainnya. Hal ini sangatlah buruk untuk traffic website Anda. (ketika traffic banyak, kemungkinan produk/ jasa yang kita tawarkan diminati semakin besar).

 

Jadi bagaimana cara untuk menyatukan SEO dan metode Clickbait? Serta bagaimana cara membuat judul yang bagus untuk mendatangkan pengunjung pada media sosial maupun untuk mesin pencari seperti Google? Baiklah, sebelum saya menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, kita perlu mengetahui bagaimana persepsi orang(netizen) dan mesin pencari dalam mengevaluasi konten.

 

 

Hubungan Search Intent Dengan Peringkat Google

Anda harus tahu mengenai search intent(maksud pengguna) dan apakah pengaruhnya tentang SEO. Mengetahui hal ini sangatlah penting untuk situs web Anda jika Anda ingin mendapat peringkat(halaman satu Google) pada konten yang Anda buat.

 

sumber gambar: marketingland.com

 

Google telah berkembang dan memastikan penggunanya mendapatkan hasil pencarian yang dapat menjawab pertanyaan mereka. Untuk itulah Google menyempurnakan algoritmanya dengan mengembangkan metode search intent(minat). 

 

Analoginya Google tidak akan membiarkan penggunanya melalui hidangan-hidangan yang tidak disukai pelangganya dan memberikan menu terbaik sesuai kesukaannya.

 

Search intent menjadi salah satu faktor paling penting dalam menentukan peringkat konten. Ketika orang mencari kata tertentu, Google ingin mengetahui tujuan mereka. Jadi sebagai pembuat konten kita harus tau tujuan dan untuk apa orang mencari dengan kata kunci tersebut.

 

Apakah mereka ingin membandingkan produk yang berbeda?  Apakah mereka ingin tahu bagaimana menemukan bisnis tertentu?  Atau mungkinkah mereka telah siap membeli produk hari ini? Dari ini, kita dapat menentukan bahwa Google dan si  pencari mencari hal yang sama. Mereka ingin tahu apakah konten Anda akan membantu si pencari menemukan apa yang mereka cari.

 

 

Maksud dan tujuan Saya memberikan informasi mengenai search intent adalah agar Anda mengetahui, ketika Anda membuat konten yang bahkan dipertegas dengan metode clickbait berarti Anda juga harus mempelajari ini secara jelas. Jadi anda harus membuat konten yang mengerti apa tujuan si pencari.

 

 

Contoh  si pencari ingin membandingkan satu atau lebih produk yang serupa Apakah si pencari hanya ingin melakukan review terlebih dahulu atau ingin langsung membeli. Contoh judul, yang biasa pencari tulis di google pencarian “Perbandingan hp oppo dan xiaomi”. Dari judul sudah dipastikan pasti si pencari ingin mengetahui terlebih dahulu bagaimana perbandingan antara keduanya sebelum ia membelinya. Beda dengan, “Update harga hp xiaomi terbaru 2018 semua tipe”  disini si pencari sudah pasti ingin langsung membeli barang tersebut. Anda juga bisa juga menggabungkan keduanya menjadi sebuah judul konten anda.

 

 

Jika Anda memahami isi dari pikiran si pencari(pengguna google) tentunya anda akan  mencari tahu apa informasi yang ingin mereka cari. Dengan mendapat informasi ini maka Anda dapat menanggapinya dengan membuat konten jawaban atas isues tersebut dengan yang lebih baik.

 

Untungnya, clickbait dan SEO masih merupakan kategori yang cukup relevan untuk dapat digabungkan. Mari kita lihat beberapa cara untuk menyatukan kedua metode tersebut untuk menghasilkan traffic pertumbuhan website secara maksimum.

 

Langkah pertama:  Tempatkan kata kunci di dalam judul anda

 

Lakukan riset sederhana di Google. Untuk contoh ini, saya akan menuliskan “Update harga hp dibawah 2 jutaan”Jika Anda melihat hasilnya, Anda akan melihat satu pola yang sama. Semua judul pada halaman pencarian akan memiliki kata kunci “update harga hp” di dalamnya.

 

Untuk ide maka Anda bisa menggunakan google trends, dan ubber suggest untuk menentukan sebuah judul.

 

 

Google ingin menyajikan konten yang jelas terkait langsung dengan kata kunci atau frasa pencarian. Anda harus benar benar teliti dalam menentukan judul. Agar pengguna Google tertarik pada artikel anda.

 

 

 

Buat judul yang luar biasa, hampir mustahil, atau menakjubkan.

 

sumber gambar: digitalentrepreneur.id

 

catatan: Anda harus membuat judul relevan, Anda tidak mungkin mendapatkan perhatian penuh pembaca ketika Anda membuat berita hoax.

 

 

Menambahkan dan mengubah suatu judul merupakan hal yang wajib Anda pikirkan. Buanglah jauh-jauh judul yang  membosankan, buatlah judul clickbait yang dioptimasi untuk upaya SEO Anda. Salah satu pilihan adalah menambahkan kata-kata seperti “Mengejutkan”, “Heboh” atau “Luar biasa” pada judul.

 

Memang terlihat hiperbola tetapi inilah clickbait : sekali lagi Saya ingatkan bahwa artikel atau berita yang Anda nyatakan pada judul harus benar-benar mengejutkan, tidak bisa dipercaya, atau menakjubkan. Jangan menyalahgunakan trik clickbait ini hanya untuk menarik pembaca semata. Gunakan metode clickbait ini hanya ketika Anda dapat mempertanggung jawabkannya.

 

Saya telah menggunakannya sendiri pada beberapa kesempatan tertentu. Statistik dan berita yang relevan sering Saya gunakan dan dapat diubah menjadi artikel dengan jenis judul clickbait seperti ini.

 

 

 

Buat judul yang kontroversial

 

 

Kontroversi tidak selalu bagus untuk bisnis. Namun, terkadang tema tersebut bisa membuat bisnis Anda mendapatkan lebih banyak perhatian. Namun anda tidak ingin memulai kontroversi hanya demi mendapatkan kontroversi semata. Jika Anda melakukannya maka hal tersebut sangatlah konyol.

 

Tentunya, kami menggunakan pernyataan kontroversial ini hanya untuk clickbait semata.

 

Klaim kontroversial tentunya merupakan trik SEO yang bagus. Jika Anda membuat judul dengan trik trik ini maka ada juga kemungkinan Anda dapat menduduki halaman satu Google.

 

 

 

Buatlah clickbait dengan menambahkan angka/ nomor di judul

 

Kami tahu bahwa listicles bekerja dengan sangat baik dalam menggaet minat pembaca, tidak hanya untuk clickbait tetapi juga untuk SEO.

 

 

Salah satu cara untuk menggunakan listicles adalah dengan menggunakan kata sifat dan angka sederhana  untuk menggambarkan kiat, trik, tips atau hal-hal yang ada didalam artikel.

 

Mari lihat beberapa contoh judul dibawah ini:

 

5 trik sederhana untuk memulai bisnis online.

10 cara gila untuk membuat web anda banjir pengunjung.

8 strategi yang sangat mudah untuk digital marketing.

31 cara menaikan omzet anda berkali-kali lipat.

 

 

 

Apakah anda mendapatkan intinya?  Saya menambahkan kata sifat  yang menarik ke listicle untuk membuat judul tersebut mendapatkan banyak klik, dan juga ada tambahan angka yang membuat para penggunjung web lebih yakin lagi untuk mengkliknya. Tapi untuk pemakaian jangan sembarangan, Anda harus memastikan  jumlahnya benar benar sama.

 

 

Karena apabila tidak sama maka ada kemungkinan penggunjung web akan langsung meninggalkan web anda begitu saja karena merasa ditipu dan mungkin tidak akan pernah kembali lagi untuk mengunjung web anda karena tidak sesuai apa yang mereka harapkan.

 

 

Lalu coba bandingkan dua versi dari judul ini:

1. 7 Strategi Terbukti untuk Meningkatkan Traffic Blog Anda sebesar 200%
2. 7 Strategi untuk Meningkatkan Traffic Blog Anda.

 

 

Kira kira mana yang akan anda klik? Satu kah? Atau yang kedua? … pasti banyak dari anda yang menggklik nomer 1. Karena disitu ia mengguna judul yg panjang, ada nomer dan jelas memberikan bukti yakni 200%. Memang judul itu mengandung clickbait. Tetapi selama itu relevan ya tidak ada masalah untuk dijadikannya sebuah judul artikel.

 

 

Jika Anda menulis judul yang singkat , Anda dapat mengubahnya menjadi judul yang clickbait.

 

Berikut beberapa contohnya:

 

20 Cara untuk Meningkatkan Traffic  sebesar 206% (Anda Tidak Dapat Melewatkan nomor  18)

32 cara tradisional mujarap menghilangkan lemak ditubuh anda (nomor 9 dan 30 sangat ampuh)

7 kesalahan fatal saat berkendara (nomor 7 sering dilakukan)

 

Judul seperti ini akan berpotensi mengundang banyak klik dan apabila isi nya informatif maka bisa jadi si pengunjung blog ataupun website anda akan membaca artikel anda sampai habis. Tetapi yang harus Anda ingat adalah Anda harus menulis konten sama sperti apa yang tertulis di dalam judul yang anda buat.

 

Metode ini adalah susunan kata-kunci yang cocok untuk judul yang dioptimasi untuk SEO karena memungkinkan Anda menempatkan kata kunci yang paling penting di awal judul.

 

 

 

Kesimpulan

Walau banyak yang menganggap click bait dan SEO sulit untuk disatukan namun dengan konten yang relefan maka keduanya dapat dipadupadankan dengan elegan dan sangat mungkin untuk berhasil.

 

Namun beberapa hal yang wajib diperhatikan adalah saat Anda membuat click bait pastikan informasi yang Anda berikan benar-benar ada dan relevan, tentunya Anda menginginkan traffic yang berkualitas kan.

Kata-kata seperti mengejutkan, dan luar biasa, bekerja cukup baik dalam metode click bait, tetapi Anda dapat berkreasi sebebas apapun. Ubahlah judul artikel SEO Anda yang membosankan menjadi artikel clickbait dengan cukup menambahkan angka sederhana.

 

Jika Anda memiliki data untuk mendukungnya artikel Anda, Anda mungkin juga ingin memperlihatkannya. Anda juga dapat membuat argumen / klaim kontroversial jika Anda ingin menarik perhatian pengunjung. Sebagai alternatif, tambahkan kata sifat yang menarik ke kata benda di headline Anda untuk memberikan artikel Anda banyak perhatian.

The post Apa Itu Click Bait, Contohnya, Serta Tips Menggunakannya. appeared first on IndonesiaGo Digital.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penetapan Hak Waris Anak di Bawah Umur

20 Elemen Website Yang Jarang Orang Tahu Tapi Bisa Menaikkan Omzet 100X Lipat

Apa Itu Google AMP dan Keuntungan Ketika Menggunakannya