Inilah Alasan Kenapa Anda Butuh Copywriter

Seorang Copywriter

Ini 5 Hal yang Dilakukan Agensi Digital Marketing Untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Copywriter merupakan seseorang yang punya kemampuan untuk “menyulap” suatu kalimat yang biasa saja menjadi sebuah kalimat yang bisa menjual. Biasanya seorang copywriter menggunakan teknik yang dinamakan copywriting untuk membuat suatu kalimat yang bernilai jual tinggi.

 

Maksud dari kalimat yang bernilai jual tinggi adalah suatu kalimat yang bisa menarik pembeli berdatangan untuk membeli produk yang Anda jual. Kedengarannya sangat mudah bukan?? Hanya menulis bisa menghasilkan uang banyak. Nanti dulu itu hanya kedengarannya saja, tetapi kejadian yang sesungguhnya tidak seindah yang didengar. Seorang copywriter harus benar benar bisa membuat kata kata yang bisa mendatangkan para pembeli tanpa perlu bersuara lantang.

 

Seorang copywriter sangat dibutuhkan bagi para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya,dengan cara membuat suatu iklan yang didominasi dengan kata kata “click bait” untuk mempromosikan produk apapun yang akan dijualnya, dan yang pasti bisa membuat si pembaca langsung tertarik dengan produk tersebut akibat kata kata “click bait” tadi.

 

Bayangin deh hanya dengan kata kata bisa membuat orang orang yang baca langsung terhipnotis untuk membelinya. Jika Anda memiliki suatu produk tapi anda bingung untuk menjual atau produk anda mungkin tidak laku laku. Mungkin Anda butuh seorang ahli copywriter untuk membuat produk yang  Anda jual langsung melambung dalam jumlah penjualan.

 

Tapi kenapa harus seorang copywriter? Kenapa tidak penulis biasa aja??

Hmmm bisa aja sih menggunakan jasa seorang penulis biasa… tapi masa iya Anda ingin meluncurkan sebuah promosi dengan budget besar tidak memperhatikan hal penting seperti mendesain ads copy untuk campaign Anda, masalah bisa muncul apabila iklan yang Anda buat tidak menarik dan produk yang Anda jual tentunya berpotensi tidak laku.

 

 

Tapi tenang jika Anda memiliki atau menggunakan jasa seorang copywriter yang handal maka dapat dipastikan iklan jasa atau produk anda akan langsung banyak dilirik pengunjung dan melakukan action untuk mengklik iklan Anda. Tentunya dalam advertising online rasio klik merupakan hal yang penting untuk mengukur seberapa efektifnya iklan kita.

 

Jadi jika Anda melakukan iklan PPC maupun SEO pastikan konten maupun judul yang Anda buat berpotensi menarik banyak pembaca untuk mengkliknya, singkatnya kita menyebut ini membuat konten judul yang click bait.

 

Namun yang harus Anda perhatikan adalah ketika membuat iklan atau konten yang menarik pastikan Anda mengisinya dengan konten yang relevan. Tentu saja jika Anda menampilkan “5 Cara Memutihkan Kulit” dan ketika Anda buka link tersebut konten yang muncul “manset wanita”, dapat disimpulkan konten Anda anda aka segera ditinggalkan secepat mungkin. Lagipula mereka mengklik hal tersebut untuk emndapatkan informasi yang relevan kan.

 

Dijaman yang sudah modern ini dunia digital sudah berkembang sangat pesat. Begitu juga didunia pemasaran, semua pastinya mengikuti perkembangan jaman. Saat ini orang orang sudah sangat mudah jika ingin berbelanja tinggal liat di hp suka langsung beli, tidak usah cape cape kepasar atau antri dikasir. Nah disinilah peran dari seorang copywriter dibutuhkan.

 

Seorang copywriter yang baik dapat mengerti keresahan dan kebutuhan apa yang dicari oleh pelanggan ideal Anda.  Mungkin dulu Anda pernah beriklan tapi masih boncos atau tidak menhasilkan keuntungan bahkan mengalami kerugian, mungkin masalah Anda ada di cara mempromosikannya, mungkin bahasa tulisan yang Anda gunakan terlalu kaku atau bisa jadi malah terlalu mengada ada. Jadi buatlah bahasa promosi yang sesuai dengan apa yang ingin Anda jual.

 

 

Apa yang Copywriter kerjakan

Setelah kita mengetahui apaitu copywriter selanjutnya yang akan kita bahas adalah contoh, pekerjaan, dan maksud dari pekerjaan copywriter. Disini Saya akan memberikan beberapa contoh iklan, tapi Saya tidak ada maksud untuk meng iklankan produk-produk ini, semua gambar Saya ambil dari google images.

Inilah Alasan Kenapa Anda Butuh Copywriter

Iklan gym yang sederhana namun memiliki maksud memudahkan atau tanpa ribet. Iklan gym diatas sangat simpel bukan hanya tulisan dan gambar sketsa orang  yang ceritanya sedang olahraga. Dengan sedikit tambahan humor. Tanpa perlu menyewa model profesional dan tanpa membajak gambar.

 

Dengan gaya copywriter sesimpel ini pasti banyak orang yang tertarik dengan tempat gym tersebut. Walau tidak langsung bergabung setidaknya banyak yang datang sekedar hanya bertanya(kemungkinan besar mereka akan mendaftar).

 

 

Syukur syukur mereka akan langsung tertarik ketika melihat iklan itu, dan pastinya dengan pesan sederhana tersebut sangat mudah untuk diingat oleh banyak orang. Dapat diibaratkan permen karet yang sudah menempel di celana akan sulit untuk dihilangkan.

Iklan mobil anti mainstream

Oke masuk ke contoh iklan ke dua, iklan mobil yang satu ini terbilang cukup unik, mereka tidak menampilkan fitur unggulan yang ada dalam mobil ini. Namun pabrikan asal Jerman ini menampilkannya dalam bentuk lain, yaitu dengan sedikit humor, yang membuat ikalan ini tidak terlihat garing garing banget dan tidak monoton.

 

Dengan cara begitu pasti banyak yg penasaran dengan apa yang dimaksud dari iklan tersebut. Iklan ini sangat menguntungkan untuk volkswagen, dari cara tersebut yang membuat para pembaca penasaran pasti para pembaca langsung banyak mencari info dari mobil tersebut. Inti dari iklan mobil itu adalah ingin memberikan info bahwa mobil itu nyaman dikendarai kemanapun, dan dengan ruang yang luas  didalamnya.

Siapa yang mau hidupnya flat? Mungkin Anda?

Iklan yang satu ini sangat simpel bukan hanya menampilkan produknya dan dengan tambahan sedikit kata “life is never flat” hidup tidak pernah datar yang seakan menggambarkan tekstur produknya. Slogan pendek namun mudah diingat, inilah yang membuat copywriter itu penting. Seorang copywriter memutar otak untuk mendapatkan kata yang sangat pas dengan produk yang akan dijual.

Mungkin bagi sebagian orang ini Cuma iklan biasa, tapi inilah iklan yang bermakna sekali. Akibat dari iklan ini produk mie tersebut bisa memperoleh penjualan yang fantastis. Hanya dari kata ”siapa aja jago bikin indomie enak”, intinya sie Cuma mau bilang kalau mie nya tuh enak, dan siapa aja pasti bisa bikin. Tapi lagi lagi berkat hasil ide seorang copywriter yang jenius jadilah kata kata yang bernilai jual tinggi.

 

Bisa dilihat dari keempat iklan tersebut, mereka semua tidak menggunakan banyak kata kata yang monoton. Hanya kata kata sederhana yang mereka pakai. Intinya mereka membiarkan para calon konsumennya penasaran dan yang menjadi titik puncak adalah agar si konsumen yang penasaran itu datang untuk mencoba atau bahkan langsung membeli produknya.

 

Dahulu banyak yang mempromosikan produknya di televisi dengan menggunakan model ataupun artis ternama dengan budget iklan yang bombastis, namun sekaranglah saatnya Anda untuk bersinar.

 

Periklanan tradisional hampir kehilangan tajinya dalam perkembangan zaman. Banyak pebisnis memnafaatkan pemasaran modern atau yang sering kita sebut digital marketing. (Mengapa harus Digital Marketing?) baik dari metode organik SEO maupun PPC. Sekarang pebisnis menengah dapat mentargetkan audiens dengan demografi tertentu, tidak seperti media periklanan tradisional yang sangat broad dan tidak tertarget.

 

 

Dengan begitu Anda dapat membuat upaya marketing Anda sekarang juga tentunya dengan menggunakan kalimat iklan yang membuat orang tergerak untuk mengklik iklan Anda. bagaimanpun tuga seorang copywriter sangat dibutuhkan untuk membuat kata yang membuat pengunjung melakukan action.

 

Juga jika Anda memutuskan menggunakan nama-nama orang terkenal, influencer atau artis tentunya Anda tidak hanya menggunakan namanya saja kan, belum tentu banyak yang membeli produk Anda. Intinya yang namanya iklan butuh kata kata bukan cuma gambar kosong yang lalu dipajang disepanjang jalan raya kan.

 

 

Teknik Copywriting

Setelah tau apa itu copywriter dan apa saja contohnya, sekarang kita bahas menegenai teknik copywriting.

  1. Copywriting Bukan Sekedar Menulis

Seperti yang sudah dikatakan diatas copywriting ditunjukan sebagai seni menulis untuk promosi produk yang notabenya agar orang orang membeli produk tersebut.

 

Walaupun copywriter kerjaannya hanya menulis, namun penulis tidak hanya menulis secara asal dan tidak sembarangan menulis sesuka hati mereka. Ada batas batasan yang harus dihindari oleh seorang copywriter, sesuai pesanan yang ia dapat dari konsumennya. Kalau hanya sekedar menulis tentu siapa saja bisa menulis.

 

  1. Kalimat Yang Bisa Merubah Keputusan

Kalimat yang dibuat copywriter harus bisa merubah keputusan calon konsumen agar membeli produk itu, contohnya iklan mie instant dengan tagline “Indomie Seleraku”.

 

Pasti jika ada konsumen yang sedang ingin membeli mie instans lalu dia berada dibarisan rak mie instant, dan yang dia ingat tagline tersebut lalu dicari produknya, lalu mereka pasti membeli dan langsung mencobanya benar atau tidak mie instant itu selera dia atau bukan. Yang tadinya ingin membeli mie instant yang lain gara gara tagline tadi berubah keputusan deh, itulah kekuatan kata kata yang keluar dari seorang copywriter.

 

  1. Bagian Dari Tim Kreatif

Seorang copywriter tidak bekerja sendiri, dia termasuk kedalam tim kreatif yang akan bekerja sama dengan desainer grafis dan juga art director. Mereka berkolaborasi agar menghasilkan iklan yang sesuai dengan apa yang diinginkan.

 

 

 

Kesimpulan

Kita sudah sampai pada bagian akhir artikel ini yaitu bagian kesimpulan. Jika Anda menginginkan produk yang Anda jual memuaskan hasil penjualannya gunakanlah jasa seorang copywriter.

 

Jika awalnya anda menjual produk hanya laku 5 produk, setelah anda menggunakan copywriter bisa berkali kali lipat hasil yang akan anda dapat dari hasil penjualann tersebut. Dengan teknik copywriting seorang copywriter pasti bisa membuat kalimat yang biasa bisa menjadi kalimat yang luar biasa.

 

Dengan tugas yang berat dari seorang copywriter harus ada biaya yang sesuai juga untuk memakai jasanya. Dengan ini pasti bisnis anda yang tadi hanya menjual segitu segitu saja setelahnya pasti akan menjadi yang berlipat lipat sesuai dengan biaya promosi yang anda keluarkan.

 

 

proses tidak bakal menghianati hasil sekian pembahasan mengenai kenapa kita butuh copywriter. Sebenarnya untuk menjadi seorang copywriter itu tidaklah sulit hanya butuh modal kreatif, tekun, banyak belajar, berpikir out of the box.

Author: Eko Krismanto

Sumber 1 , Sumber 2

The post Inilah Alasan Kenapa Anda Butuh Copywriter appeared first on IndonesiaGo Digital.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penetapan Hak Waris Anak di Bawah Umur

20 Elemen Website Yang Jarang Orang Tahu Tapi Bisa Menaikkan Omzet 100X Lipat

Apa Itu Google AMP dan Keuntungan Ketika Menggunakannya