Apa itu Private Blog Network & Manfaatnya Untuk Upaya SEO Anda

Apakah Yang Dimaksud Dengan PBN?

Jaringan blog pribadi atau yang sering kita kenal dengan Private Blog Network (PBN) adalah suatu cara membangun backlink (link building) untuk meningkatkan upaya SEO website Anda.

 

 

 

Singkatnya PBN adalah satu atau kumpulan domain web kadaluarsa yang memiliki otoritas tinggi (PA & DA), yang Anda akuisisi untuk anda kendalikan ataupun kelola secara penuh. Biasanya PBN dibuat dari domain kadaluwarsa sudah memiliki tautan balik (backlink)  yang tinggi oleh karena itu PBN dapat digunakan sebagai sumber backlink yang dapat diarahkan menuju ke situs web Anda.

 

 

 

PBN atau Private Blog Network memiliki popularitas yang sangat tinggi khususnya di kalangan digital marketer.

 

 

 

PBN menjadi salah satu komponen kunci dalam optimasi off-page SEO karena Anda memiliki kontrol penuh terhadap website tersebut dan Anda dapat leluasa menambahkan backlink ke situs web Anda.

 

 

 

 

 

Manfaat Utama PBN

Apa itu Private Blog Network & Manfaatnya Untuk Upaya SEO Anda

PBN mungkin bisa juga dikatakan sebagai barang bekas yang bermanfaat. Anda membeli barang tersebut dan bisa berguna untuk perkembangan usaha anda. Seperti yang dikatakan diatas PBN adalah memanfaatkan website yang sudah kadaluarsa.

 

 

 

Namun yang harus Anda pahami PBN (Private Blog Network) bukanlah produk makanan atau minuman yang tidak dapat “digunakan” lagi. PBN adalah produk (expired domain) yang sangat berguna untuk anda lebih tetapnya untuk web anda. Anda hanya perlu mengeluarkan budget untuk membeli expired domain yang Anda inginkan (tentunya dengan niche yang sama dengan website tujuan Anda).

 

 

 

PBN yang memberikan referensi ke website utama Anda secara perlahan dapat membantu website membangun backlink berkualitas,dan yang pasti akan membuat web anda bisa memuncaki rangking pertama google, asalkan konten yang anda buat relevan dengan website utama anda dan bisa dipertanggung jawabkan isinya agar Google tidak secara langsung menganggap web PBN ini sebagai sebuah SPAM melainkan affiliate website.

Apa itu Private Blog Network & Manfaatnya Untuk Upaya SEO Anda

Karena sejujurnya startegi PBN ini yang dibuat terang-terangan hanya untuk memberikan sebuah backlink amat dibenci oleh Google. Apabila Anda melakukan ini Anda harus khawatir dengan penalti yang mungkin Google akan berikan.

 

 

 

Para marketer top dunia juga beranggapan bahwa PBN merupakan cara paling ampuh untuk membangun backlink. Dengan memanfaatkan backlink dari website kadaluarsa yang memiliki domain authority tinggi tanpa perlu banyak mengeluarkan tenaga.

 

 

 

Apa yang Harus Saya Lakukan Setelah Membeli Domain Untuk PBN ini?

Kemudian, setelah Anda memilih expired domain yang Anda inginkan, lalu anda bisa memposting konten/artikel pada situs web tersebut dan menyertakan backlink yang ditunjukan ke situs web utama(money site) anda. Kabar hebatnya adalah anda secara otomatis menghasilkanbacklink dari situs website yang memiliki domain authority tinggi. Maka proses ini disebut dengan jaringan blog pribadi atau yang sering kita sebut PBN.

Apa itu Private Blog Network & Manfaatnya Untuk Upaya SEO Anda

 

 

 

 

 

 

 

Resiko Jika Membuat PBN Tanpa Rencana yang Matang

Apa itu Private Blog Network & Manfaatnya Untuk Upaya SEO Anda

Eeettttttsss, Tapi tunggu dulu walau PBN terlihat menarik dan mudah untuk diterapkan namun metode SEO ini memiliki implikasi baik dan buruk tentu saja. Baik dan buruk pastinya akan selalu berdampingan kan.  Anda perlu mengetahui terlebih dulu resikonyasebelum anda mengambil keputusan.

 

 

 

Pada poin kali ini Saya akan membantu Anda untuk menentukan apakah Anda harus memanfaatkan PBN atau tidak. Mengapa Anda harus menggunakan PBN dan alasan mengapa Anda tidak harus menggunakan PBN.

 

 

 

Mengapa pada pembahasan sebelumnya Saya bilang bahwa PBN memiliki dampak baik dan buruk? Jawabannya adalah Karena sebenarnya google sangatlah benci PBN, dan bisa saja google menghukum orang orang yang ketahuan menggunakan PBN (untuk mencurangi algoritma Google).

 

 

 

Mengapa Google membenci PBN? Karena ada oknum oknum nakal yang menggunakan PBN hanya untuk meretas saja, si peretas biasanya membuat akun ganda dengan memanfaatkan web PBN, dan bahkan mereka meretas hanya untuk membuat backlink saja.

 

 

 

Walaupun membuat backlink secara pribadi tidaklah salah,namun terkadang backlink yang mereka buat tidak relefan, ngaco, dan jauh dari harapan Google.  Intinya oknum-oknum tersebut memanfaatkan PBN hanya untuk mendapatkan backlink secara cepat.

 

 

 

Contoh umumnya yang paling sering muncul adalah dimana mereka berani mengambil risiko yang amat fatal dengan membuat konten yang asal-asalan lalu memasukan backlink begitu saja. Apabila Google mendeteksi aktivitas seperti ini, maka Google akan memeberikan hukuman terhadap website-website yang melakukan praktek tersebut, dan pastinya Anda akan kehilangan berjuta manfaat yang ditawarkan olehmetode Private Blog Networks yang sudah Saya sebutkan sebelumnya.

 

 

 

Ketika Anda memutuskan untuk membuat PBN

Baiklah ketika Anda membuat PBN maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah untuk merancang website tersebut serta distribusi konten kedepannya.

 

  1. Website PBN yang Anda buat harus memilki konten yang berkualitas dan relefan dengan link website tujuan (money site) Anda.
  2. Pastikan Anda tidak terlalu banyak menyertakan tautan ke halaman website yang sama setiap post. Variasikan link keluar dan juga tambahkan internal link sebagai variasinya juga.
  3. Carilah expired domain yang related dengan industri atau bidang usaha money site (website utama Anda).
  4. Gunakan hosting / email / provider berbeda saat mendaftarkan kembali expired domain untuk PBN (karena apabila masih dalam 1 lokal IP Adress Google dapat dengan mudah mendeteksi apakah web Anda merupakan website PBN semata.

 

PBN merupakan cara efektif untuk mendapatkan backlink berkualitas secara mudah, namun perlu Anda ingat biaya mengakuisisi sebuah domain cukuplah besar, juga resiko yang mungkin Anda dapati jika Anda menggunakan PBN dengan asala-asalan hanya untuk menghasilkan konten berkualitas rendah.

 

 

 

Namun dibawah ini Saya memiliki solusi tepat alternatif PBN yaitu metode guest blogging dan social media integration.

 

 

 

Alternatif PBN

Apa itu Private Blog Network & Manfaatnya Untuk Upaya SEO Anda

Tetapi jika Anda ingin naik peringkat dengan cara yang benar, maka ada beberapa cara untuk gantinya, berikut strategi yang bisa anda gunakan untuk menaikan peringkat diGoogle dengan sedikit resiko bahkan tidak ada resikonya. Strategi ini bisa juga dikatakan sebagai cara tradisionalnya dalam SEO.

 

 

 

Strategi tersebut adalah sebagai berikut:

1.  Guest  Blogging

Guest Blogging memberi Anda peluang untuk memberikan nilai tambah bagi situs web Anda sementara juga mendapatkan tautan balik (backlink).

 

 

Guest blogging merupakan kerjasama antara pemilik website dengan penyedia konten yang menginginkan kontennya diterbitkan di website pemilik web (tentunya jika Anda praktisi SEO Anda menginginkan backlink juga dalam konten tersbut. Sehingga metode ini tentunya memiliki 2 keuntungan. Pemilik website mendapat konten gratis dan pembuat konten mendapatkan backlink dari website tersebut.

 

 

Jika Anda melakukannya dengan benar, strategi ini akan menjadi sangat menguntungkan bagi situs web yang Anda tulis dan juga menguntungkan untuk situs web utama Anda sendiri. Maka buatlah konten yang relefan dan patuhi peraturan dari masing-masing website yang menyediakan guest blogging

 

 

Karena itu, dalam SEO menggunakan guest blogging sebagai salah satu strategi untuk membangun peringkat website mereka.

 

 

Caranya hanya cukup temukan blog atau situs web yang menerima guest blogging dan lakukan log in email. Jika mereka menerima permintaan Anda, Anda dapat menulis dan menyertakan backlink ke situs web Anda sendiri. Atau anda bisa meminta pemilik website dengan mengirimkan konten Anda lewat email, cara yang cukup adil bukan.

 

 

 

 

2. Manfaatkan Sosial Media

Memang masih menjadi perdebatan apakah sinyal sosial media memiliki andil atas upaya meningkatkan rangking SEO Anda. Namun banyak pakar digital marketing berpendapat bahwa walaupun social media tidak menjadi salah satu faktor peringkat namun sosial media merupakan tempat yang tepat untuk menyebarkan informasi serta konten website kita ke media masa yang berpotensi viral. Keren kan…

 

 

Sosial media merupakan wadah berbagi yang paling banyak digunakan pada saat ini. Di sosial media anda bisa menaruh backlink sepuasnya. Atau mungkin di facebook anda bisa membuat halaman sendiri dan bisa mengundang siapa pun untuk masuk kedalamannya.

 

 

Di facebook anda bisa share konten dari web utama anda. Beda dengan instagram. Instagram lebih condong lagi ke gambar buatlah gambar yang paling bagus dari yang terbagus. Lalu share di instagram, buatlah caption yang sesuai dengan usaha anda dan juga relefance dengan gambar. Jangan langsung jualan dicaption, buatlah para calon konsumen tertarik dulu, dan buat mereka penasaran.

 

 

Ini berarti bahwa jika anda  memposting di sosial media lalu membuat backlink untuk situs web Anda secara teratur. Ini pasti akan bermanfaat bagi SEO Anda. Lagi pula, semakin banyak orang yang mencari situs web Anda dan semakin populer Anda, semakin tinggi otoritas domain Anda akan meningkat. Dengan kata lain, dengan pemirsa yang setia datang peringkat anda akan lebih baik. Dan itu bagus untuk menumbuhkan pemirsa Anda. Dan untuk mencapai peringkat satu google bukannlah hal yang sulit lagi.

 

 

 

 

 

Kesimpulan

Private blog networking (PBN) sebenarnya sangatlah penting bagi Upaya SEO anda, dan tentunya bagi bisnis anda. PBN diketahui memiliki Andil yang cukup besar dalam membantu pengoptimasian SEO anda dan dapat dengan mudah menaikkan peringkat web anda.

 

 

 

Walau cara ini memiliki resiko yang cukup tinggi, yang sewaktu-waktu bisa mengancam peringkat situs web anda. Namun jika Anda melakukannya dengan benar maka PBN merupakan solusi yang tepat untuk mendapatkan backlink dari website dengan PA dan DA(web authority) yang tinggi.

 

 

 

Atau anda bisa mengikuti cara tradisional yang minim resiko. Anda bisa menjadi penulis tamu (guest blogging), memanfaatkan sosial media sebagaimana yang sudah disebutkan diatas. Dari situ anda bisa membangun backlink tanpa takut mendapatkan pinalti dari google.

 

 

 

Walaupun anda butuh waktu untuk memuncak peringkat google, tetapi cara itulah yang akan membuat anda tenang, dan tidak ada lagi kekhawatiran akan kena pinalti google.

 

Sekian, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Salam SEO

Baca juga: Bahaya menduplikasikan artikel yang dapat membahayakan bisnis anda

 

Author: Eko Krismanto
Editor: Agung Bagaskara

The post Apa itu Private Blog Network & Manfaatnya Untuk Upaya SEO Anda appeared first on IndonesiaGo Digital.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penetapan Hak Waris Anak di Bawah Umur

20 Elemen Website Yang Jarang Orang Tahu Tapi Bisa Menaikkan Omzet 100X Lipat

Apa Itu Google AMP dan Keuntungan Ketika Menggunakannya