8 Faktor SEO Baru Yang Memengaruhi Peringkat SERP di Tahun 2018

8 Faktor SEO Baru Yang Memengaruhi Peringkat SERP di Tahun 2018 – Bagi Anda praktisi maupun non-praktisi di bidang digital marketing, sudah menjadi keharusan untuk Anda agar memiliki pengetahuan mengenai SEO. Hal ini karena SEO merupakan salah satu kesempatan untuk menampilkan bisnis atau usaha Anda di dunia digital.

 

Dunia digital selalu berkembang dengan cepat dan saat ini kita sedang berada di dalamnya menikmatinya dan memanfaatkanya.  Saat ini bahkan orang-orang lebih nyaman mencari informasi melalui smartphone dibandingkan dengan komputer/desktop.

 

Kembali ke masalah SEO, (Jika Anda belum mengetahui apa itu SEO, silakan baca disini mengenai, apa itu SEO). Ada banyak perubahan didalam algaritma mesin pencarian Google, setiap strategi SEO yang Anda lakukan di tahun 2017 mungkin sekarang sudah tidak sama lagi dengan strategi SEO di tahun 2018.

 

 

Faktor SEO di 2018

 

 

Maka dari itu, apakah ada cara untuk mengamankan SERP (Search Engine Result Pages) dan mendapatkan peringkat yang lebih baik di tahun ini? Mari kita bahas sekarang juga.

 

 

 

 

HTTPS / Sertifikasi SSL

Menurut Ranking Factor 2.0, 65% Website yang berperingkat tinggi di posisi tiga teratas SERP merupakan website yang sudah terpasang SSL/ HTTPS pada kata kunci dengan volume pencarian tinggi.

 

 

 

HTTPS merupakan suatu tolak ukur baru dalam membangun sebuah kepercayaan di dunia maya. Mesin pencari seperti Google lebih memilih untuk menunjukan website yang sudah terpasang SSL atau HTTPS dikarenakan web tersebut telah memberikan sebuah jaminan keamanan data untuk para pengguna yang mengunjungi website tersebut.

 

 

Oleh sebab  itu, dengan beralih ke HTTPS Anda secara langsung dapat meningkatkan faktor peringkat (SERP) website  Anda di tahun 2018 ini, dan kebalikannya jika Anda mengabaikan hal ini mungkin Anda akan terdepak dari halaman 1 Google untuk kata kunci yang sudah terindex .

 

 

 

 

Sedikit informasi untuk Anda ketahui yaitu, bahwa kecepatan muat situs (loading time) Anda akan sedikit meningkat saat beralih ke HTTPS.

 

Jadi, selain menyediakan lalu lintas website yang aman, HTTPs merupakan hal wajib bagi sebuah situs web untuk mendapatkan peringkat Google yang lebih baik.

 

Jika Anda masih belum terlalu mengerti penjelasan diatas Anda dapat membacanya disini: Pentingnya Sertifikasi SSL (HTTPS) untuk Web Anda.

 

 

 

 

AMP (Accelerated Mobile Pages)

Apa Itu Google AMP dan Keuntungan Ketika Menggunakannya

 

AMP merupakan suatu cara yang dimaksudkan untuk mempersingkat waktu muat website yang diakses pada perangkat mobile.

 

 

Hal ini ditunjukan untuk meningkatkan efisiensi waktu kepada pengguna web, dan ini sangat membantu pengguna dalam mengakses informasi secepat mungkin.

 

AMP juga berguna untuk SEO. Seperti yang dinyatakan Google, Mobile-friendliness adalah salah satu hal terpenting dalam menentukan peringkat website Anda di Google.

 

Baca juga: Apa itu Google AMP dan bagaimana cara memasangnya.

 

 

 

Panjang Konten

Google lebih tertarik terhadap konten yang panjang. Halaman yang memiliki lebih banyak konten panjang memiliki kemungkinan tinggi untuk masuk ke dalam peringkat teratas.

 

 

Namun selain konten yang  panjang, Anda juga perlu memastikan bahwa konten tersebut memiliki isi yang relevan dalam memiliki point-point penting yang pengguna cari di kata-kunci tersebut.

 

Hal yang paling mudah untuk Anda lakukan adalah analisa apa yang dilakukan pesaing Anda dan kembangkan strategi penulisan konten berdasarkan hasil analisa itu.

 

 

 

Kata kunci

Pada beberapa tahun belakangan ini, Anda tidak akan memperoleh peringkat yang tinggi hanya dengan memasukkan banyak kata kunci di dalam judul, meta tag, dan isi dalam konten.

 

 

 Algoritma Google telah menjadi lebih pintar dan berfokus pada konteks daripada berdasarkan banyaknya kata kunci di dalam Heading 1 dan meta tag.

 

Oleh karena itu, lebih baik tidak menyertakan terlalu banyak kata kunci di dalam tag judul, judul, dan meta tag. Karena Google dapat mengategorikan konten Anda sebagai ‘word spam’.

 

Hal ini juga berarti bahwa hyperlink berbasis kata kunci (Anchor Text) tidak begitu penting hari ini. Google telah memahami bahwa backlink alami tidak akan memiliki sebuah teks atau link yang sama berulang-ulang. Juga Google akan mengidentifikasi ini sebagai spam.

 

Beberapa situs website Guest Blogging pun bahkan sekarang tidak lagi mengizinkan penggunanya mencantumkan link di halaman posting nya.

 

Jadi mulailah untuk membuat konten yang berfokus pada kata-kunci saja melainkan memiliki makna bagi pembacanya dan cobalah untuk memikirkan bahwa Anda memberikan informasi kepada manusia, bukan kepada robot.

 

 

 

Lalu Lintas (Traffic) Website

Lalu lintas atau yang sering kita sebut traffic, pada situs web selalu menjadi faktor peringkat utama. Pastikan bahwa upaya Anda untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas ini tidak menimbulkan rasio pentalan(Bounce rate) yang  tinggi. Baca Selengkapnya apa itu bounce rate.

 

Dikarenakan tingkat bounce rate yang tinggi menandakan bahwa halaman Anda tidak relevan dengan apa yang dicari oleh pengguna search engine.

 

 

Anda harus menetapkan tujuan Anda yaitu untuk mendapatkan jumlah session (akses) halaman yang tinggi. Jumlah akses yang tinggi secara langsung berkorelasi dengan diperingkat mana Anda di tempatkan oleh search engine seperti Google, Bing, Yahoo, dll.

 

 

 

Kecepatan Waktu Muat Website (Loading Time)

Anda hanya memiliki waktu tiga detik untuk menarik pengunjung ke situs web Anda, karena apabila loading time webisteAnda lebih dari 3 detik maka pengunjung Anda akan pergi dan mencari alternatif web lain yang tersedia.

 

Tentu saja hal ini akan melambungkan bounce rate Anda yang dapat menyebabkan penurunan rangking pada situs web Anda.

 

Pentingnya Mempercepat Waktu Muat Website untuk Profit yang Lebih Banyak

 

Jadi, buatlah website Anda ringan, hapus plugin atau javascript pihak ketiga jika Anda tidak menggunakannya, optimalkan gambar yang Anda gunakan menjadi lebih efisien, gunakanlah penyedia hosting yang cepat, dan selalu update CMS Anda untuk selalu diperbarui.

 

Baca juga:  Keuntungan Mempercepat Loading Time Website Anda.

 

 

 

Social Branding

Menurut Google, banyak keuntungan dari social branding  yang  dapat diperoleh melalui keterlibatan di  sosial media bisnis Anda.

 

Jumlah like pada Facebook atau banyaknya follower di Twitter Anda juga bisa menjadi faktor peringkat yang bagus untuk situs web Anda.

 

7-Trik-Sosial-Media-Untuk-Bisnis-Anda

 

Bahkan profil media sosial Anda dapat terlihat di business knowledge graph  Anda jika ada sejumlah orang yang melekat profile bisnis Anda.

 

Jadi, cobalah untuk melakukan branding di platform media sosial, gunakanlah semua sumberdaya yang ada. Facebook, Twitter, Linkedin, G+ bisa menjadi awalan yang bagus bagi bisnis Anda.

 

 

 

Atur Ulang Judul, Meta Tag, dan Isi Konten

Mungkin Anda memiliki beberapa konten pada artikel atau halaman web Anda yang saat ini sudah tidak relevan lagi.

 

Yang perlu Anda lakukan sekarang adalah temukanlah konten tersebut dan mulailah melakukan perubahan yang diperlukan untuk membuat halaman itu relevan.

 

 

Bereksperimenlah dengan beberapa perubahan pada judul dan meta tag pada web Anda. Dengan demikian, Anda akan memiliki kesempatan baru untuk membuat halaman Anda di index ulang oleh Google dan mendapatkan peringkat yang lebih baik di SERPs(Search Engine Results page).

 

Saat ini Google lebih fokus pada user intent (minat pengguna). Buatlah  strategi Anda sedemikian rupa sehingga pengunjung website Anda memperoleh manfaat dari konten yang Anda buat.

 

Dengan melakukan ini, Anda akan menjadikan diri Anda sebagai suatu Merek(Brand) yang kuat. Dan Google akan mulai mengandalkan Anda.

 

 

Baca Juga: Apa itu title tag dan meta description. Dan Bagaimana cara menggunakannya?

The post 8 Faktor SEO Baru Yang Memengaruhi Peringkat SERP di Tahun 2018 appeared first on IndonesiaGo Digital.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penetapan Hak Waris Anak di Bawah Umur

20 Elemen Website Yang Jarang Orang Tahu Tapi Bisa Menaikkan Omzet 100X Lipat

Apa Itu Google AMP dan Keuntungan Ketika Menggunakannya