Benarkah Berjualan Online Itu Susah? Kenali 5 Strategi Ini

Bisnis online merupakan peluang usaha yang sedang ramai dalam satu dekade terakhir ini. Banyak orang berlomba-lomba memanfaatkan trend ini. Dengan maksud ini maka IndonesiaGo DIgital akan memberikan Anda 5 Strategi Jitu Dalam Berjualan Online.

 

 

Tidak hanya pebisnis kawakan, mereka yang masih muda dan baru belajar merintis karier berwirausaha pun turut andil dalam bidang usaha ini.

Sayangnya, beberapa orang mengeluh kalau bisnis online sangat susah dijalankan. Produk yang tak kunjung laku, pembeli yang terlalu banyak mau, sampai banyaknya saingan di bisnis serupa, merupakan masalah-masalah yang paling sering dihadapi para pebisnis online.

Sebetulnya, usaha macam ini tidak sesulit yang dibayangkan, kok. Asal tahu tips dan kuncinya, tangga kesuksesan bisa dengan mudah didaki.

Berikut merupakan strategi yang harus Anda siapkan sebelum Anda menjajaki peluang bisnis pada media online:

 

 

1. Miliki Konsep Bisnis yang Jelas

11 Website Untuk Belajar Digital Marketing Terbaik yang harus Anda ketahui

 

Memiliki konsep usaha yang jelas akan mempermudah segala urusan yang berkaitan dengan bisnis itu sendiri. Adapun konsep awal yang perlu dibangun sebelum mantap membuka sebuah usaha online di antaranya: jenis produk yang akan dijual, siapa target pemasarannya (termasuk usia dan jenis kelamin), cara distribusi, Teknik promosi, manajemen, dan sebagainya.

Jika sudah mempunyai konsep yang jelas, Anda akan lebih mudah menjalankan bisnis tersebut. Konsep juga akan membantu Anda fokus pada satu bidang/teknik pengembangan bisnis online, sebab beda jenis produk, beda juga strategi jualnya.

 

 

 

2. Atur Strategi Promosi Anda

8 Kunci Sukses Membuat Website Bisnis Online Menguntungkan

 

Agar produk yang Anda jual laku keras di pasaran, tentu dibutuhkan strategi promosi yang jitu. Salah satu cara cerdas berpromosi yang wajib dipraktikkan adalah melalui media sosial, seperti Facebook. Youtube, Twitter, Instagram, Kaskus, dan sebagainya.

Selain mudah dan murah, promosi lewat jejaring sosial semacam ini terbukti jauh lebih efektif untuk meningkatkan angka penjualan dibandingkan dengan promosi lewat media cetak atau radio.

Anda bisa memanfaatkan fasilitas iklan berbayar, bergabung di forum jual beli, atau menggelar lapak di social media page milik sendiri. Jika memilih cara yang terakhir, pastikan Anda memiliki jumlah likes/followers yang banyak. Apa, sih, artinya promosi sana-sini jika tidak ada seorang pun yang melihat? Cara lain yang juga sedang cukup tren di kalangan pebisnis online adalah memakai jasa buzzer atau social media influencer untuk mempromosikan produk milik Anda.

 

 

3. Tentukan Target Market yang Jelas

5 Kesalahan Terburuk yang Harus Anda Hindari sebelum Membuat Website

Salaah satu penyebab mandeknya bisnis adalah ketidaksesuaian produk dengan target pemasaran. Misalnya Anda membuka toko online yang menjual mainan anak-anak, tapi target pemasaraan malah ditujukan pada remaja. Tentu saja itu salah tempat. Jika Anda menjual mainan anak, ibu-ibu atau orang tua muda adalah calon konsumen potensial yang wajib Anda bidik.

 

 

 

4. Bukalah Toko di Marketplace

5 Kunci Sukses Membangun Website Seperti Tokopedia ,Buka lapak, dan Lazada

Agar jangkauan pembeli semakin luas, jangan ragu untuk membuka toko di marketplace. Cara ini sangat efektif untuk menarik lebih banyak konsumen. Terkadang ada juga pembeli yang kurang yakin berbelanja di toko online biasa, dan marketplace—dengan jaminan transaksi amannya—tentu lebih dipercaya.

 

 

5. Daftar Bisnis Anda Pada Online Direktori

direktori

 

Selain melakukan keempat cara di atas, Anda juga perlu mendaftar online direktori untuk menarik banyak pembeli. Direktori bisnis online ini bekerja dengan mengumpulkan sebanyak mungkin informasi yang akurat mengenai sebuah bisnis. Dengan cara ini, seorang pebisnis bisa mengajukan klaim atas hak milik sebuah bisnis dan memperluas jaringannya.

Yellow Pages, Indonesia YP, Asean Up, Kita Kemana, Zoom Indonesia, Hotfrog Indonesia, dan Anglo Info merupakan beberapa contoh direktori lokal online yang bisa dijadikan referensi.

 

Berikut ini adalah beberapa artikel yang kami rasa dapat membantu usaha digital marketing bisnis Anda.

 

  1. Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis Anda

  2. Membuat Setiap Artikel Yang Anda Tulis Ada di Halaman 1 Google

  3. Apa itu SEO?

  4. SEO VS PPC: Mana Yang Harus Anda Fokuskan Terlebih Dahulu?

  5. Inilah 5 Hal yang Dilakukan Agensi Digital bagi Bisnis Anda

  6. 7 Tips Jitu Memilih Agensi Digital Marketing bagi Bisnis Anda

 

 

Jika Anda membutuhkan bantuan digital marketing untuk menumbuhkan bisnis Anda dan mulai menghasilkan sesuatu dengan website Anda sekarang juga, Anda dapat berkonsultasi dengan kami.

 

Kami dengan senang hati akan membantu Anda mencapai target bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami di nomor 0812-9449-0505 atau balas email ini.

Nah, itulah lima strategi cerdas menjalankan usaha online. Sangat mudah dipraktikkan, bukan?

 

Sumber: IndonesiaGo Digital

 

Apakah Anda belum memiliki website yang telah disesuaikan khusus untuk mendapatkan peluang branding, penjualan, maupun menjaring kustomer baru? Konsultasikan kepada IndonesiaGo Digital secara gratis pada kontak dibawah ini.

 

Whatsapp Button IndonesiaGo DIgital

 

The post Benarkah Berjualan Online Itu Susah? Kenali 5 Strategi Ini appeared first on IndonesiaGo Digital.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penetapan Hak Waris Anak di Bawah Umur

20 Elemen Website Yang Jarang Orang Tahu Tapi Bisa Menaikkan Omzet 100X Lipat

Apa Itu Google AMP dan Keuntungan Ketika Menggunakannya