Buat Apa Buat Website Mahal-mahal? Toh Buat Pajangan Saja

Kalimat yang dijadikan judul di atas mungkin akan terlontar dari para blogger atau pengusaha ritel online yang meragukan kemampuan efektif sebuah website. Alasannya bisa beragam. Alasan yang paling banyak dikemukakan sering dikaitkan dengan upaya penghematan atau pemangkasan modal berjualan di pasar ritel dalam jaringan. Karena alasan itulah, tidak sedikit blogger dan pengusaha online yang memilih untuk memanfaatkan fitur-fitur gratis di platform atau penyedia layanan pembuat situs web.

Benarkah demikian? Apakah menciptakan situs web dengan sejumlah fitur menarik dan interaktif hanyalah usaha yang membuang-buang uang? Setujukah Anda dengan pernyataan bahwa situs web pada akhirnya hanya akan menjadi pajangan semata?

Sebelum memutuskan untuk setuju atau tidak setuju, ada baiknya Anda menyimak apa yang akan dibahas dalam artikel ini. Pembahasan akan dimulai dengan alasan mengapa sebuah website profesional bisa memakan biaya yang tinggi, hingga bagaimana memanfaatkan sebuah situs web yang dianggap mahal dalam biaya pembuatan sebagai salah satu elemen dari strategi pemasaran.

Mengapa website profesional memiliki biaya yang tidak murah?

Menciptakan website adalah sebuah bentuk investasi. Setidaknya, itulah yang diyakini oleh para blogger andal dan terkemuka di dunia. Dengan membuat dan mengelola sebuah situs web yang menawarkan fitur-fitur menarik bagi pengunjungnya, popularitas web tersebut akan merangkak naik. Hal ini tentu saja juga akan ikut menaikkan keuntungan bagi pemilik situs web tersebut.

Jika Anda memahami bahwa website penyedia fitur dan tampilan mutakhir dibuat secara profesional, Anda pun harus menyadari bahwa hal tersebut tidak akan tercipta dengan cuma-cuma. Sejumlah modal diperlukan untuk membiayai penciptaan website yang nantinya akan digunakan sebagai sarana promosi dan informasi dari produk-produk yang Anda jual. Salah satunya adalah modal yang dibayarkan kepada tim penyedia jasa pembuatan website profesional.

Bagi Anda yang sudah dibekali kemampuan digital dan mampu membuat serta memodifikasi situs web untuk kepentingan sendiri, Anda bisa mencoret anggaran untuk menyewa jasa web developer profesional. Namun, jika Anda tidak memiliki keterampilan atau pengalaman yang cukup untuk mendesain dan mengotak-atik situs web, lebih baik Anda mempercayakan hal ini kepada ahlinya.

 

Sebelum memutuskan untuk mencari web developer terbaik yang bisa memenuhi keinginan usaha Anda, terlebih dahulu Anda harus menyiapkan anggaran khusus untuk biaya sewa para developer yang sudah berpengalaman dan memiliki kemampuan yang sangat andal tersebut.

Jadi, satu dari sekian alasan mengapa sebuah website profesional memakan biaya pembuatan yang cukup tinggi kini sudah terjawab. Selain biaya penyewaan jasa web developer dan programmer, hal penting lain yang juga harus masuk ke dalam anggaran pembuatan situs web untuk keperluan usaha Anda adalah pemilihan desain. Tidak sedikit blogger dan pengusaha ritel online yang mengabaikan kepentingan desain untuk situs webnya. Dengan hanya memanfaatkan contoh template gratis yang sudah tersedia serta beberapa fitur essential dan terbatas, mereka sudah merasa cukup puas.

Namun, percayalah, harga tidak akan berdusta. Jika Anda sudah cukup puas dengan menggunakan fitur-fitur dan desain template yang gratis, coba bayangkan seberapa puas Anda jika memakai template berbayar yang sudah dilengkapi fitur-fitur lanjutan yang lebih canggih, mutakhir, interaktif, serta compatible dengan berbagai perangkat. Kepuasan tersebut tidak akan Anda rasakan secara sepihak, karena situs web yang didesain secara profesional juga akan menawan hati calon pembeli yang mengunjungi situs Anda.

Biaya jasa web developer profesional dan biaya pemilihan desain yang dikustomisasi sudah cukup menjawab mengapa sebuah harga pembuatan sebuah website terbilang cukup tinggi. Namun, daftar kebutuhan pembuatan website yang Anda perlukan belum berhenti sampai di situ. Di bawah ini adalah sejumlah poin yang akan memengaruhi anggaran pembuatan website Anda.

  1. Penyedia web hosting. Fasilitas ini diperlukan untuk menciptakan alamat situs yang mudah dikenal dan sesuai dengan tujuan situs web Anda. Kecepatan dan keamanan situ web juga menjadi pertimbangan penting dalam memilih dan membeli penyedia web

  1. Fitur all-devices compatibility. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin meluas, komputer bukan lagi satu-satunya perangkat untuk menjelajah berbagai situ. Oleh karena itu, fitur ini menjadi sangat penting untuk dimiliki sebuah situs web. Anda harus memastikan situs web Anda mampu memberikan tampilan terbaik tanpa penurunan performa saat diakses di berbagai perangkat seperti ponsel pintar atau komputer tablet.

  1. Optimisasi konten untuk keperluan SEO. Di samping desain, konten website adalah poin krusial lain yang tidak boleh dilewatkan. Optimisasi konten untuk situs web Anda yang meliputi penulisan, penyuntingan, serta tinjauan konten diperlukan agar website Anda SEO-friendly sehingga mudah ditemukan di mesin pencari.

  1. Paket branding. Dalam hal ini, yang diperlukan adalah suatu kemasan lengkap yang akan merepresentasikan website Anda, meliputi grafik dan logo, ilustrasi dan gambar penunjang, serta sejumlah konten visual lain yang bisa membuat situs Anda semakin terlihat menarik.

Dengan sejumlah poin yang harus dipenuhi untuk membuat website yang profesional, Anda tidak perlu heran jika pembuatan website memerlukan anggaran khusus dan tentu saja, biaya yang juga tidak sedikit. Meski begitu, Anda tetap bisa menyesuaikan anggaran yang tidak terlalu tinggi namun tetap sesuai dengan tujuan situs perusahaan atau usaha retail online yang Anda kelola dengan memilih berbagai penawaran menarik yang dapat ditemukan dengan mudah di penyedia-penyedia desain, fitur, serta konten untuk web.

 

 

 

Apa yang harus dilakukan agar biaya pembuatan website tidak terbuang percuma?

Setelah memiliki situs web profesional yang menghabiskan anggaran biaya tertentu dalam proses pembuatannya, usaha Anda tidak berhenti sampai di titik tersebut. Ada berbagai usaha lain yang perlu dilakukan agar keuntungan yang Anda dapatkan sebanding atau bahkan mampu melampaui biaya pembuatan website yang telah dikeluarkan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dijadikan panduan untuk menciptakan situs web yang efektif.

  1. Tampilkan informasi mengenai kontak Anda di bagian atas laman web

Jika Anda masih berpikir bahwa website hanya pajangan semata, kenapa tidak memajang informasi utama di tempat yang mudah terlihat? Untuk membuat website Anda lebih efektif dan mudah ditemukan oleh calon pelanggan, tampilkan informasi penting seperti nomor telepon dan alamat perusahaan di bagian atas laman web. Dengan begitu, calon pelanggan yang berkunjung bisa menghubungi Anda dengan lebih mudah.

Selain menampilkan alamat dan nomor telepon, Anda juga bisa mencantumkan akun media sosial yang akan membantu upaya promosi situs. Akun media sosial bisa Anda cantumkan di bagian header maupun footer.

  1. Tawarkan kecepatan dan kemudahan navigasi

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh salah satu perusahaan pembuat website terkemuka di Amerika, sebagian besar pengunjung web akan segera menutup tab berisi laman situs yang mereka buka hanya karena situs tersebut tidak menyediakan navigasi menu yang jelas, atau lebih parah lagi, mengalami bug atau keterlambatan memuat data.

Untuk menghindari calon pelanggan yang kabur sebelum sempat melihat informasi yang disajikan di website, Anda sebaiknya melakukan pengetesan kelancaran dan kecepatan navigasi sebelum alamat situs web disebarkan ke publik.

  1. Komunikasi adalah kunci

Jika perusahaan yang tidak berbasis internet mengandalkan resepsionis dengan keterampilan komunikasi yang mumpuni di meja terdepan, konsep yang relatif sama juga berlaku untuk bisnis ritel online.  Bedanya, usaha retail dalam jaringan yang bergantung pada efektivitas situs web ini menyajikan pengemasan komunikasi yang baik dalam laman “About Me” serta konten-konten di situs itu sendiri.

Komunikasi merupakan salah satu kunci utama untuk membangun website komersial yang efektif. Karena alasan inilah, Anda perlu menyesuaikan gaya komunikasi dari konten web dengan kalangan konsumen yang menjadi sasaran Anda. Dengan begitu, esensi dari website yang Anda miliki dapat diterima mereka secara lebih mudah.

  1. Manfaatkan fitur dan fasilitas SEO

Salah satu poin penting yang menentukan efektivitas situs web Anda adalah fitur yang dinamakan Search Engine Optimization (SEO). Fitur ini akan menentukan bagaimana website Anda ditemukan saat seseorang mengetikkan kata kunci tertentu di kolom mesin pencari. Jika konten-konten pendukung yang terdapat di dalam website yang Anda kelola sudah sesuai dan mendukung fitur SEO, maka mesin pencari akan menampilkan situs web Anda di hasil teratas pencarian. Hal ini tentu akan membuat website tersebut semakin mudah dikunjungi oleh orang lain.

keuntungan seo dan ppc

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menyesuaikan konten situs web Anda dengan kaidah SEO. Beberapa di antaranya adalah dengan menyediakan kata kunci yang khusus dan spesifik, serta menampilkan gambar atau ilustrasi visual yang menarik dan sesuai dengan konten yang Anda publikasikan.

  1. Tawarkan layanan newsletter atau email berlangganan

Dengan modal website yang memiliki desain menarik, konten interaktif dan fitur-fitur mutakhir, Anda bisa menawarkan layanan newsletter atau email berlangganan bagi pengunjung situs web. Pengunjung yang sudah tertarik dan terkesan dengan website Anda pasti akan menyambut layanan ini dengan senang hati.

Bagi pengunjung website, layanan semacam ini memiliki keuntungan tersendiri karena mereka bisa dengan mudah mendapatkan konten atau informasi terbaru yang Anda update secara berkala. Layanan newsletter juga menawarkan setidaknya dua keuntungan bagi Anda yang bertindak sebagai pemilik dan pengelola website.

Pertama, daftar email dari mereka yang pernah mengunjungi website Anda dapat digunakan sebagai salah satu media promosi. Kedua, Anda bisa lebih cepat meningkatkan traffic website dengan mengundang langsung pengunjung website atau bahkan pelanggan tetap bisnis retail online yang Anda kelola.

  1. Promosikan dengan cara dan strategi yang tepat

Hal lain yang tidak kalah penting untuk membangun sebuah website bisnis retail yang profesional adalah media dan strategi promosi. Desain laman yang menarik, navigasi yang praktis, atau konten yang berkualitas bisa menjadi sia-sia jika website Anda tidak dipromosikan dengan penerapan sejumlah cara dan strategi yang tepat sasaran.

Ada beberapa cara efektif yang bisa dilakukan dalam mempromosikan situs web Anda. Yang paling utama adalah dengan tidak melewatkan tombol share ke berbagai platform media sosial yang populer saat ini, seperti Facebook, Twitter, WhatsApp, dan platform lain yang sejenis.

Media sosial terbukti sebagai media promosi yang cukup efektif dan praktis. Saat suatu konten dibagikan di media sosial, maka peluang orang lain mengenal dan mengetahui website Anda akan meningkat. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan pengunjung baru yang bisa meningkatkan traffic website sekaligus menjadi pelanggan yang berpotensi meningkatkan keuntungan bisnis retail Anda.

Cara lainnya adalah dengan bergabung bersama situs forum atau komunitas yang memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan blogger atau pebisnis lain. Dengan memperluas jaringan, situs web Anda akan lebih dikenal di antara komunitas yang memiliki minat sama. Selain itu, orang-orang yang tergabung dengan forum atau komunitas tertentu biasanya akan saling mempromosikan situs web masing-masing untuk keperluan strategi yang efektif.

Di samping sejumlah cara yang telah dipaparkan di atas, Anda juga bisa mencari cara efektif lain untuk mempromosikan situs web Anda. Dengan begitu, website yang telah didesain dan dikembangkan dengan biaya yang tidak sedikit tidak hanya akan menjadi pajangan yang sia-sia.

Baca juga: 20 Elemen Website Yang Jarang Orang Tahu Tapi Bisa Menaikkan Omzet 100X Lipat

Website profesional adalah strategi pemasaran yang efektif

 

Masih ragu untuk membuat website yang didesain secara eksklusif dan profesional? Seharusnya sih tidak lagi. Seperti yang sempat disinggung di awal, website yang menarik dan profesional adalah sebuah investasi untuk kelangsungan bisnis retail Anda sendiri. Jika dijalankan dan dipromosikan dengan cara-cara yang efektif dan tepat sasaran, website Anda juga bisa menjadi salah satu elemen strategi pemasaran.

Di era digital seperti saat ini, website merupakan media pemasaran yang paling bisa diandalkan. Jika dibandingkan dengan strategi pemasaran manual yang pernah populer pada beberapa tahun silam, situs web jelas menawarkan keuntungan yang lebih besar dengan pengelolaan yang jauh lebih mudah dan praktis. Biaya yang Anda keluarkan dalam pengembangan situs web mutakhir serta profesional terbilang efektif dan justru bisa menjadi sangat membantu sebagai teknik pemasaran bisnis Anda.

Website juga menawarkan kemudahan dan kenyamanan dalam hal administrasi. Anda bisa mengakses, memperbarui, atau memperbaiki kontennya kapan saja dalam waktu 24 jam. Kemudahan yang sama juga akan dirasakan oleh pelanggan Anda. Situs yang bisa diakses kapan pun mereka memiliki waktu untuk berselancar di internet akan membawa dampak positif bagi kelangsungan bisnis yang Anda jalankan.

Kesimpulannya, website bukanlah sekadar pajangan ….

Setelah membaca paparan dari atas hingga di titik ini, Anda mungkin bisa menyimpulkan sendiri bagaimana tanggapan terhadap premis atau kalimat judul di bagian paling atas. Website yang Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis retail online serta memublikasikan sejumlah informasi menarik bagi pengunjung situs web di berbagai belahan dunia tersebut nyatanya tidak hanya berfungsi sebagai pajangan saja.

Website yang dikembangkan secara profesional dengan bantuan web developer andal dan fitur-fitur interaktif yang bisa melancarkan navigasi menu di dalam website bisa sangat berguna dan menjadi elemen penting yang harus dipertimbangkan ketika Anda mulai merintis usaha bisnis retail dalam jaringan.

Biaya yang Anda keluarkan untuk menciptakan atau mempromosikan situs web yang efektif memang terbilang tidak sedikit, apalagi jika Anda berniat untuk mengembangkan website tersebut dengan menambahkan fitur-fitur terbaru secara berkala. Namun, jika melihat keuntungan, kemudahan, serta poin-poin positif lain dari sebuah website profesional yang dikelola dan dipromosikan dengan baik, biaya tersebut akan terganti dengan keuntungan yang lebih besar.

Maka, jelaslah jika situs web bukan sekadar pajangan untuk dilihat saat lewat, tetapi juga bisa dimanfaatkan menjadi modal dan investasi untuk membangun usaha retail online yang menghasilkan profit besar.

Baca juga: Pentingnya Memilih Pengembang Website Profesional untuk Bisnis Anda

 

Jika Anda mencari developer website yang mengerti tentang kebutuhan bisnis maupun usaha Anda, Tim IndonesiaGO Digital hadir dan memiliki sebuah moto untuk melakukan revolusi bagi pengusaha- pengusaha di Indonesia untuk melek digital. IndonesiaGo DIgital dapat memberikan Anda konsultasi secara gratis sebelum Anda merencanakan untuk membuat sebuah website yang nantinya akan menjadi pilar utama Anda dalam berbisnis di dunia maya.

Hubungi kami sekarang juga di 0812 9449 0505 email halo@indonesiago.digitalatau di jasa design website

The post Buat Apa Buat Website Mahal-mahal? Toh Buat Pajangan Saja appeared first on IndonesiaGo Digital.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penetapan Hak Waris Anak di Bawah Umur

Apa Itu Google AMP dan Keuntungan Ketika Menggunakannya

20 Elemen Website Yang Jarang Orang Tahu Tapi Bisa Menaikkan Omzet 100X Lipat