5 Ide Cemerlang Agar Website Anda Ramai Seperti Bukalapak

Salah satu website jual beli online di Indonesia yang saat ini ramai dikunjungi pengguna internet adalah Bukalapak. Ini adalah sebuah platform yang mempertemukan para pelapak (pemilik toko online atau penjual) dengan calon pembeli. Di kalangan pencinta belanja online, Bukalapak merupakan situs yang cukup populer dan dapat diandalkan.

Tentunya Anda ingin mencontoh keberhasilan buka lapak dalam menjaring konsumen yang cukup besar kan. Nah dalam artikel ini IGO akan membahas tentang ‘Ide Cemerlang Agar Website Anda Dapat Seramai Bukapak’.

Pentingnya Website untuk Kelangsungan Sebuah Bisnis

Ilustrasi website dari Robin Mastromarino

Memiliki website yang ramai seperti Bukalapak tentu sangat menguntungkan bagi sebuah bisnis yang menjual produk tertentu. Bagaimana tidak, keberadaan website secara tidak langsung akan memengaruhi tinggi rendahnya angka penjualan. Meskipun tidak semua pengunjung website otomatis menjadi pembeli, setidaknya potensi terjualnya produk lebih besar.

Manfaat website lainnya bagi sebuah bisnis adalah untuk meningkatkan kredibilitas pemilik bisnis. Kredibilitas merupakan hal yang sangat penting di mata pengunjung atau calon pembeli. Pasalnya, transaksi jual beli yang dilakukan secara online rentan dimanfaatkan oknum tertentu untuk merugikan pembeli. Oleh karena itu, membangun bisnis online yang kredibel adalah sebuah keharusan pada masa kini.

Selain itu, memiliki sebuah website juga akan memudahkan pemilik bisnis untuk melakukan branding terhadap produk yang dijualnya. Dalam hal ini, pebisnis dapat memanfaatkan konten-konten terbaiknya untuk meraih perhatian para pengguna internet.

 

Tips Supaya Website Ramai Pengunjung

20 Elemen Website Yang Jarang Orang Tahu Tapi Bisa Menaikkan Omzet 100X Lipat

Lantas, apa saja yang harus dilakukan supaya sebuah website dapat menarik perhatian banyak pengunjung? Apa saja kriteria website yang populer? Nah, berikut 5 ide agar website Anda ramai seperti Bukalapak.

1.    Gunakan Desain Website yang Ramah Mesin Pencari

Supaya ramai dikunjungi, Anda harus memastikan website tersebut ramah terhadap mesin pencari. Tak bisa diabaikan, mesin pencari merupakan media yang sangat efektif untuk mempertemukan pengunjung dengan informasi yang dibutuhkannya.

Untuk membuat website yang ideal seperti ini tentu tidak mudah dan diperlukan strategi khusus. Setidaknya, ada 3 hal yang harus diperhatikan agar sebuah website lebih ramah mesin pencari, yaitu:

  • Desain Website yang Responsif

Supaya mesin pencari merekomendasikan website tersebut, salah satu kriteria yang sangat penting adalah desain yang responsif. Apa yang dimaksud responsif? Artinya, jika website diakses melalui ponsel atau perangkat lain, tampilannya tetap enak dilihat.

Sebagian website belum memiliki kriteria seperti ini. Jadi, ketika pengunjung datang menggunakan perangkat berbeda, tampilannya tidak teratur. Hal ini tentu sangat menyulitkan pengunjung untuk mendapatkan apa yang dibutuhkannya. Website yang tidak resposif biasanya jarang direkomendasikan oleh mesin pencari. Jadi, peluang ditemukan oleh calon pelanggan pun berkurang.

Baca juga: Manfaat memiliki website yang mobile firendly, dan apa kerugian jika mengabaikannya

  • Teks yang Dioptimasi dengan Teknik SEO

Hal penting selanjutnya agar website memperoleh prioritas di mesin pencari adalah menggunakan teks yang telah dioptimasi dengan teknik SEO (Search Engine Optimization). Ini merupakan teknik khusus yang bertujuan untuk meningkatkan peringkat website sehingga muncul di halaman awal mesin pencari.

Dalam SEO, ada beberapa langkah teknis yang harus dilakukan, contohnya menggunakan keyword yang tepat. Cara ini akan membuat mesin pencari lebih memilih website tersebut untuk muncul terlebih dahulu. Sekali lagi, hal ini menjadi sebuah keuntungan karena dapat mengantarkan lebih banyak pengunjung ke website Anda.

Baca juga: Panduan Pemula Belajar SEO

  • Optimalisasi Nama File

Selanjutnya, Anda juga harus melakukan optimalisasi nama file pada website. Sebagai contoh, gambar yang terdapat pada sebuah website harus diberi nama sesuai dengan isinya. Penamaan file yang tepat akan sangat berpengaruh pada traffic pengunjung ke sebuah website. Perlu diingat, gambar juga merupakan bagian yang banyak dicari menggunakan mesin pencari.

Selain itu, ada berbagai strategi lain yang bisa digunakan dan diterapkan pada desain website sehingga mesin pencari dapat lebih mudah menemukannya. Nah, untuk membantu para pebisnis memiliki website dengan desain yang ramah mesin pencari tersebut, indonesiago.digital menawarkan beberapa program khusus yang menarik untuk dicoba.

2.    Manfaatkan Media Sosial untuk Meningkatkan Traffic Pengunjung ke Website

MENGUBAH-FACEBOOK-FOLLOWER-MENJADI-KUSTOMER

Perlu diketahui, media sosial adalah sarana pendukung yang sangat efisien untuk meningkatkan traffic pengunjung ke sebuah website. Sebabnya, pengguna internet saat ini sebagian besar memiliki akun media sosial dan sangat aktif berinteraksi melalui media sosial.

Nah, apa saja hal yang bisa dilakukan agar jumlah pengunjung ke website dapat didongkrak melalui media sosial? Berikut ulasan sederhana yang dapat menjelaskan lebih detail soal peran media sosial terhadap tinggi rendahnya traffic sebuah website.

  • Melalui media sosial, banyak orang berbagi

Media sosial adalah tempat berbagi. Kemudahan berbagi tersebut didukung oleh fitur sharing yang disediakan di setiap platform media sosial. Ini merupakan sebuah peluang menguntungkan bagi pemilik bisnis. Artinya, apabila tautan website dibagikan di media sosial, potensi untuk dikunjungi masyarakat dunia maya akan semakin besar.

Namun, perlu diingat bahwa ada kriteria tertentu yang dapat membuat sebuah posting-an atau tautan menjadi viral atau dibagikan banyak orang. Beberapa di antaranya adalah memiliki konsep yang bagus, memiliki konten yang unik dan menarik, dan diunggah pada saat prime time atau waktu yang tepat.

  • Media sosial adalah langkah pertama bagi pengunjung sebelum masuk ke website

Apakah Anda pernah memperhatikan secara saksama sebuah posting-an di Instagram? Selain menarik, posting-an tersebut juga biasanya memancing rasa penasaran follower. Dengan posting-an tersebut, ada tujuan yang sebenarnya terselip, yaitu mendorong follower untuk mengunjungi website terkait.

Oleh karena itu, konten media sosial seharusnya cukup unik dan membuat follower tergoda untuk berkunjung ke website.

  • Selenggarakan kuis di media sosial untuk menambah traffic ke website

Supaya follower media sosial ramai berkunjung ke website terkait, Anda juga dapat menerapkan sebuah strategi sederhana, yaitu menyelenggarakan kuis atau kontes tertentu. Sediakan jenis pertanyaan yang mengharuskan follower untuk memperhatikan detail tertentu di website.

Mau tidak mau, syarat ini akan membantu website mendapatkan lebih banyak kunjungan. Meskipun dampaknya biasanya tidak berlangsung lama, setidaknya dengan cara ini, website dikenal oleh khalayak.

  • Manfaatkan media sosial untuk melakukan branding yang efektif

Pebisnis dapat memanfaatkan media sosial untuk membagikan informasi seputar produk yang dijual. Selain itu, media sosial juga dapat berguna untuk membangun branding sebuah produk. Jika branding semakin kuat, jumlah pelanggan tentu akan semakin banyak. Dampaknya, website pasti akan semakin ramai.

Membangun branding bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika produk yang ditawarkan tersebut merupakan produk baru dan memiliki banyak pesaing kuat di pasar. Untuk itu, diperlukan konsistensi dalam berbagai hal, termasuk ketika menangani media sosial yang sebenarnya sangat potensial.

Menariknya, media sosial adalah media yang sangat interaktif. Bukan hanya karena jumlah penggunanya sangat banyak, tetapi karena media sosial lebih mudah diakses. Bahkan, sebagian besar individu masa kini menghabiskan waktu berinteraksi dengan orang lain melalui media sosialnya.

Nah, Anda dapat memanfaatkan isu ini untuk membangun relasi yang lebih dekat dengan para calon pelanggan maupun pelanggan loyal melalui media sosial.

3.    Memanfaatkan iklan berbayar

pay per click

 

Saat ini, ada banyak alternatif iklan berbayar yang bertujuan mendorong seseorang untuk berkunjung ke sebuah website. Salah satu contohnya, media iklan konvensional yang masih banyak digemari hingga saat ini. Sebut saja, iklan di media cetak dan media televisi.

 

Sebagai sebuah website yang terus berkembang, Bukalapak juga menggunakan iklan di televisi untuk mengajak para penonton berkunjung ke website-nya. Tujuan akhirnya, banyak orang akan berbelanja di sana. Ini adalah metode yang umum dilakukan oleh para pebisnis yang memiliki bujet cukup besar untuk promosi.

 

Bukan hanya itu, kini juga ada iklan berbayar di media sosial atau portal-portal online yang banyak dikunjungi netizen. Tujuannya untuk memperkenalkan merek produk dan mengajak para netizen untuk datang mengunjungi website tersebut.

 

Selain metode semacam itu, ada pula bentuk iklan lain yang biasanya menarik pengunjung secara halus. Contohnya, konten-konten softselling yang secara tidak langsung memicu datangnya pengunjung ke sebuah website. Semua cara ini tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Meskipun demikian, hasilnya cukup berpengaruh terhadap naiknya jumlah pengunjung ke sebuah website.

Setidaknya, ada 4 jenis iklan berbayar yang bertujuan mempromosikan sebuah website atau produk dan banyak digunakan saat ini, yaitu:

  • Direct Advertising

Pada direct advertising, pemasang iklan dan pemilik usaha melakukan pertemuan langsung. Biasanya, proses yang terjadi tidak terlalu panjang dan cukup sederhana karena tidak ada pihak ketiga yang terlibat. Pemasang iklan dan pemilik usaha dengan mudah akan membuat kesepakatan mengenai iklan yang dibuat. Direct advertising biasanya berupa teks dan gambar.

  • Self Service Advertising

Iklan ini biasanya dibuat dan diurus langsung oleh pemasang iklan. Iklan akan dibuat untuk perusahaan penyedia jasa periklanan Adwords di Google. Sistem yang dgunakan adalah pay per click. Jadi, pengiklan hanya membayar apabila pengunjung melakukan klik pada iklan tersebut. Baca juga: SEO VS PPC: Mana Yang Harus Anda Fokuskan Terlebih Dahulu?.

Beruntungnya, iklan berupa Google Adwords akan mengatur sendiri tampilan iklan sehingga lebih mudah diketahui oleh pengunjung.

  • Ad Networks

Iklan ini berguna untuk menghubungkan pemasang iklan dan pemilik situs dengan memanfaatkan jaringan. Dalam jaringan ini, tidak ada konsumen yang khusus harus dikejar. Iklan bahkan ditujukan untuk semua orang  yang melihat. Jadi, jika kunjungan lebih tinggi, kemungkinan untuk mendapatkan pembelian pun lebih besar.

  • Contextual advertising

Iklan jenis ini sangat berorientasi pada isi iklan. Oleh karena itu, iklan akan terlihat pada orang-orang yang memang tertarik pada tawaran tersebut. Dengan kata lain, iklan benar-benar mencapai sasarannya karena dilihat oleh orang yang tepat.

Nah, supaya hasilnya semakin optimal, penempatan jenis iklan ini harus benar-benar diperhitungkan.

 

 

4.    Maksimalkan promosi dengan mengikuti event offline

Meskipun bertujuan menggaet pembeli online, berbagai event offline juga tetap penting untuk memperkenalkan website maupun produk kepada masyarakat. Bahkan, dengan promosi yang tepat dan kontinyu, merek produk akan semakin kuat dan biasanya akan menjadi rujukan terhadap produk tertentu.

Untuk itu, mengikuti berbagai event atau bahkan menjadi sponsor utama event tertentu perlu juga dilakukan. Bukalapak contohnya, ikut berpartisipasi dalam kompetisi olahraga sepakbola yang memperebutkan Piala Presiden. Dengan promosi yang gencar, masyarakat pasti akan lebih terdorong untuk mengunjungi website dan bahkan melakukan transaksi.

 

5.    Jadilah Trendsetter

Supaya website lebih ramai dikunjungi, Anda harus memastikan produk yang diusung tersebut menjadi trendsetter. Artinya, Anda menawarkan sesuatu yang baru dan menarik. Produk tersebut harus memiliki kelebihan dibandingkan produk lain yang sudah pernah ada di pasar.

trendsetter

image by: infotech india

 

Menjadi trendsetter juga berkaitan dengan relasi antara pemilik bisnis dan pelanggan. Pemilik bisnis (website) harus memiliki cara-cara yang unik dan tidak biasa supaya dapat memancing pengunjung baru dan mempertahankan pengunjung lama.

Ini juga berarti website tersebut harus dapat menjadi rekomendasi, baik dari segi kualitas produk maupun tampilan website itu sendiri. Apabila kriteria ini tidak terpenuhi, bisa dipastikan calon pelanggan akan pindah ke tempat lain.

Kesimpulannya, menjadi pelopor akan membuat Anda maju satu langkah dan memperoleh potensi keuntungan yang lebih banyak dibandingkan para pengikut.

 

Sediakan Produk yang Berkualitas dan Memuaskan Pelanggan

Selain 5 metode tersebut, hal yang tak kalah penting adalah memastikan Anda menawarkan produk-produk yang berkualitas dan memuaskan pelanggan. Menurut UNESCO, ada beberapa kriteria produk yang berkualitas dan layak untuk diperjualbelikan, yaitu:

  • Produk yang Excellence

Produk disebut excellence apabila produk tersebut berkualitas sempurna, baik dari pemilihan bahan dasar, teknik pembuatannya, hingga detail produk. Begitu pula pada penyajian atau hasil akhirnya. Produk yang memiliki kriteria seperti ini tentu akan sangat memuaskan pelanggan.

  • Authenticity

Sebuah produk yang berkualitas seharusnya autentik, menawarkan keunikan khusus yang tidak diberikan oleh produk lainnya. Inilah kriteria yang akan membuat sebuah produk lebih laku terjual. Jika tidak autentik, para calon pembeli akan memilih produk lain yang sama, tetapi dengan keunggulan berbeda.

  • Innovation

Produk disebut berkualitas jika menawarkan inovasi, terutama dalam memadukan unsur-unsur yang bertolak belakang sehingga menciptakan sesuatu yang harmonis. Keberhasilan sebuah inovasi akan menciptakan sebuah produk yang unik, bermanfaat, serta dicari oleh pembeli.

  • Marketability

Sebuah produk berkualitas seharusnya juga dapat dipasarkan. Dalam hal ini, produk yang tidak bermanfaat dan tidak memenuhi kebutuhan pengguna biasanya bukan termasuk dalam kelompok produk berkualitas.

  • Eco Friendly

Pada masa sekarang, kepedulian terhadap lingkungan menjadi isu yang semakin banyak dibahas. Terutama dalam pembuatan sebuah produk, ada nilai tambah bagi perusahaan yang peduli terhadap lingkungan. Jadi, jika Anda memiliki produk yang ecofriendly dan diolah secara aman, tak diragukan lagi hal ini akan membuat bisnis Anda lebih berkembang.

Bukan hanya terkait produk itu sendiri, layanan yang digunakan untuk menawarkan produk juga seharusnya memuaskan pelanggan. Hal-hal inilah yang menciptakan ketertarikan calon pembeli sehingga mereka dengan senang hati mengunjungi website terkait.

 

Keuntungan memiliki Website yang Ramai Pengunjung

Lalu, apa keuntungan memiliki website yang ramai pengunjung. Apakah hanya supaya traffic menjadi padat? Sebenarnya, tujuan utamanya adalah adanya peluang conversion rate yang lebih besar. Conversion rate adalah jumlah pengunjung yang datang berkunjung ke sebuah website dan berhasil melakukan transaksi.

Semakin banyak pengunjung website, peluang conversion rate tentu akan semakin besar. Demikian pula sebaliknya, semakin sepi website tersebut, peluang conversion rate tentu semakin kecil. Jadi, hal ini secara langsung berhubungan dengan potensi keuntungan yang didapatkan.

Secara tidak langsung, website yang ramai pengunjung akan mendapatkan keuntungan jangka panjang, yaitu branding yang kuat. Semakin populer sebuah website, namanya pasti akan semakin menanjak. Ini berarti, posisinya di mata pelanggan pun akan semakin jelas dan tidak tergantikan.

Nah, demikian 5 ide cemerlang agar website Anda Ramai seperti Bukalapak. Cukup mudah untuk diaplikasikan, bukan? Selamat mencoba.

The post 5 Ide Cemerlang Agar Website Anda Ramai Seperti Bukalapak appeared first on IndonesiaGo Digital.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penetapan Hak Waris Anak di Bawah Umur

20 Elemen Website Yang Jarang Orang Tahu Tapi Bisa Menaikkan Omzet 100X Lipat

Apa Itu Google AMP dan Keuntungan Ketika Menggunakannya