Apa Itu Social Proof dan Manfaatnya dalam Usaha Online Marketing Anda

Secara psikologis, manusia cenderung mengikuti hal yang dilakukan orang lain, terlebih jika orang tersebut memiliki popularitas atau posisi tinggi dalam kehidupan bermasyarakat. Perilaku tersebut juga sering tercermin ketika seseorang mempertimbangkan untuk membeli suatu barang.

Di era digital ini, banyak orang memanfaatkan internet untuk mencari tahu pengalaman orang-orang yang sudah lebih dulu membeli produk tersebut. Makin banyak ulasan positif tentang produk, makin besar pula keinginan untuk membeli produk tersebut. Nah, dalam dunia pemasaran digital, penggunaan testimonium dan ulasan tersebut merupakan bentuk penggunaan social proof.

 

Definisi Social Proof

Social proof dapat diartikan sebagai pengaruh positif yang dirasakan seseorang ketika melihat orang lain melakukan sesuatu. Dalam keseharian, contoh social proof dapat dilihat dari kecenderungan seseorang memilih tempat makan yang selalu ramai.

Banyaknya kendaraan yang terparkir di halaman restoran atau panjangnya antrean pembeli bisa menjadi patokan bahwa makanan yang dijual di restoran tersebut sudah tentu rasanya enak, meski Anda sendiri tidak yakin karena belum pernah makan di restoran tersebut. Lambat laun, akhirnya timbul rasa penasaran untuk mencoba sendiri rasa makanan yang membuat banyak orang rela mengantre berjam-jam.

Para pegiat bisnis online pun banyak mempraktikan hal serupa dengan menggunakan social proof pada produk atau jasa yang dipasarkan. Social proof bisa jadi alat marketing yang efektif. Pernyataan tersebut didukung survei yang dilakukan Nielsen pada 2013. Menurut hasil survei tersebut, sebanyak 68 persen responden mengandalkan ulasan konsumen di sebuah jejaring online atau rekomendasi dari orang yang mereka kenal sebagai tolok ukur keunggulan suatu produk maupun jasa.

sumber: nielsen

 

Manfaat Social Proof dalam Bisnis Online

Inilah beberapa alasan mengapa Anda wajib memasukkan social proof ke dalam strategi marketing:

  • Social proof, seperti testimoni dan ulasan pengguna dapat membantu menciptakan kredibilitas produk atau jasa yang Anda pasarkan. Hal pertama yang dicari seseorang saat memutuskan untuk membeli produk adalah testimoni. Pastikan Anda menyertakan testimoni konsumen atau sekadar rating kepuasaan konsumen di halaman muka website


  • Social proof dapat membantu meningkatkan traffic dan SEO website Semakin banyak orang yang membicarakan keunggulan produk, semakin baik pula reputasinya di dunia maya.
  • Social proof merupakan alat marketing yang efektif dalam meningkatkan conversion rate dan penjualan. Orang-orang yang mendapatkan rekomendasi dari figur publik atau membaca ulasan produk cenderung lebih cepat membuat keputusan untuk membeli produk tersebut.

Baca juga: 25 Alasan Kenapa Pelaku Bisnis Perlu Membuat Website

 

Jenis-jenis Social Proof

Ada beberapa jenis social proof yang sering ditemukan dalam dunia digital marketing, di antaranya:

  • Testimoni Konsumen. Ulasan singkat konsumen mengenai kepuasaan mereka saat menggunakan suatu produk dapat berpengaruh besar pada peningkatan conversion rate. Banyaknya ulasan positif dari konsumen dapat membentuk opini dan kepercayaan calon konsumen terhadap produk Anda.

    Testimonial

  • Pendapat Ahli. Masyarakat sangat menghargai opini seorang ahli. Jika bisnis Anda bergerak di bidang kuliner, cobalah untuk mengutip pendapat seorang pakar kuliner atau food blogger mengenai manfaat dari produk yang sedang Anda kenalkan.
  • Rekomendasi Selebritas. Ulasan figur publik atau selebritas yang punya ribuan hingga jutaan pengikut di media sosial tentu dapat menjadi social proof yang efektif. Sebagai contoh, pada 2012, CEO Facebook, Mark Zuckerberg menuliskan opininya mengenai aplikasi termometer pemanggang bernama iGrill. Saat itu juga, website iGrill langsung crash akibat terlalu banyaknya jumlah pengunjung. CEO iGrill mengaku jumlah unduhan aplikasinya meningkat drastis setelah Mark Zuckerberg merekomendasikannya di Facebook.

  • Jumlah Pengguna. Frasa “jutaan pengguna” dalam halaman muka sebuah website bisnis merupakan contoh social proof yang mengandalkan jumlah konsumen atau pengguna. Angka fantastis tersebut dapat menumbuhkan kesan pada pengunjung website bahwa bisnis Anda sudah memperoleh kepercayaan dari masyarakat luas.

    sumber: Kissmetrics

Nah, itulah beberapa manfaat adanya social proof dalam bisnis online. Bagaimana, sudah menerapkan social proof untuk bisnis Anda?

Jikalau belum, maka mulailah, dan cobalah amati perkembangan marketing Anda, usaha ini tentunya dapat Anda lakukan secara bertahap dan analisis mana usahan yang mendapatkan engagement terbesar. Sedikit saran dari kami adalah untuk mencoba kesemuanya, namun ingat. Anda harus memberikan kualitas yang baik dan harus relevan dengan realita yang Anda tawarkan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda.

Sampai jumpa lagi… See Yaa..

 

Baca juga: Daftar Direktori Bisnis Lokal: Serta Manfaat Bagi Upaya SEO Anda.

Hey apa kalian sudah memiliki website untuk memulai bisnis Anda? kami dari IndonesiaGo Digital dapat membantu Anda mewujudkan website bisnis impian Anda. Tunggu dulu! website yang kami buat tidak seperti website-website yang beredar diluar sana. Kami memhamai dan mengerti akan aspek marketing yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis Anda secara online. Jika Anda tertarik membuat website yang dapat menumbuhkan bisnis Anda secara konsisten hubungi kami di 0812-9449-0505 (Whatsapp, Telephone, Text)

The post Apa Itu Social Proof dan Manfaatnya dalam Usaha Online Marketing Anda appeared first on IndonesiaGo Digital.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penetapan Hak Waris Anak di Bawah Umur

20 Elemen Website Yang Jarang Orang Tahu Tapi Bisa Menaikkan Omzet 100X Lipat

Apa Itu Google AMP dan Keuntungan Ketika Menggunakannya