Pentingnya Memilih Pengembang Website Profesional untuk Bisnis Anda

Keberadaan website untuk bisnis saat ini merupakan sebuah kebutuhan. Kini, customer menginginkan informasi yang cepat, tepat, dan memberikan manfaat. Dibandingkan dengan bertanya melalui customer service, customer akan lebih nyaman mencari informasi mengenai produk dan jasa melalui website.

Selain itu, jika dibutuhkan, website juga bisa menjadi sarana jual-beli dan transaksi. Secara online, customer bisa mendapatkan informasi mengenai produk atau jasa yang dibutuhkan lalu memesan dan membelinya. Kemudahan semacam itu yang saat ini menjadi daya tarik bagi customer.

Maka dari itu, penting untuk sebuah bisnis memiliki website yang profesional. Namun, apa jadinya jika Anda tidak memiliki developer sendiri? Atau, tidak satu pun pegawai Anda yang mengerti tentang pengembangan website? Solusinya adalah dengan menggunakan jasa pengembang website.

Jadi kali ini Saya akan membahas tentang “Pentingnya Memilih Pengembang Website Profesional untuk Bisnis”.

Cari Informasi Mengenai Pengembang Website yang Profesional

Cari tahu pengembang website yang anda minati

pict by: eu.fotolia.com

Saat ini, sudah banyak sekali jasa yang menawarkan pembuatan dan pengembangan website. Hal ini menjadi seperti koin dengan dua sisi. Di satu sisi, Anda bisa dengan mudah menemukan penawaran yang menggiurkan dari berbagai penyedia jasa.

Namun, di sisi lain, Anda juga harus memperkaya diri dengan informasi agar Anda tidak terjebak dengan pengembang website yang tidak profesional. Terlebih lagi, Anda sama sekali belum berpengalaman dengan segala hal yang berkaitan dengan website. Jangan sampai ketidaktahuan Anda menjadi masalah di kemudian hari.

Membangun website melalui pengembang website profesional pastinya akan membutuhkan biaya yang cukup besar. Anda bisa menganggap pembuatan website sebagai sebuah investasi. Nah, seperti investasi pada umumnya, adanya website harus menjadi sarana peningkatan kualitas bisnis dan pendapatan.

 

Jangan Memilih Pengembang Website yang Asal Murah

Murah cepat bagus = jarang

Mendapatkan penawaran murah untuk pembuatan dan pengembangan website memang bisa jadi hal yang menarik. Harga yang murah berarti Anda bisa menekan biaya operasional perusahaan. Namun begitu, harga seharusnya tidak menjadi hambatan bagi Anda untuk menemukan pengembang website yang profesional.

Seperti kata peribahasa, ada harga ada rupa. Biasanya, harga yang murah tentu memiliki kualitas yang sebanding dengan layanan yang diberikan. Nyatanya, membangun website yang berkualitas memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Jadi, jangan harapkan kualitas terbaik jika Anda tidak berani menyediakan bujet lebih untuk website. Pastikan Anda  mempertimbangkan segala aspek untuk bisa mendapatkan website yang maksimal.

 

 

Walaupun Menggunakan Jasa, Tentukan Konsep Anda dengan Matang

konsep website yang matang

pict by: vectezzy.com 

Konsep adalah salah satu hal terpenting yang harus Anda siapkan sebelum berkonsultasi dengan pengembang website. Dengan konsep yang jelas, Anda tentunya bisa memberikan arahan yang jelas kepada pengembang mengenai jenis dan tampilan website yang Anda inginkan.

Untuk mendapatkan konsep, sebaiknya Anda rajin menjelajahi internet dan melihat-lihat website yang sudah ada. Tentu saja bukan untuk ditiru, tetapi Anda bisa memodifikasi konsep dan menerapkannya pada website yang akan Anda bangun.

Kalau konsep tidak dipersiapkan dengan matang, Anda pasti akan kebingungan mau memesan website yang seperti apa. Setidaknya, tentukan fitur apa saja yang Anda inginkan dari website. Misalnya saja, apakah Anda menginginkan fitur live chat pada website, fitur komentar, atau fitur e-commerce jika Anda menjual produk di website.

Kebutuhan mengenai fitur bisa Anda konsultasikan kepada pengembang website yang Anda pilih. Namun ingat, beberapa fitur tidak dapat dipasang secara gratis pada website. Jadi, semakin banyak fitur yang ingin Anda sematkan, kemungkinan besar biaya juga akan bertambah.

Baca juga: 10 Alasan Kenapa Website Anda Tidak Berperingkat Tinggi Di Google

 

Kesalahan Membangun Website dengan Memilih Pengembang Website yang Murah dan Tidak Berpengalaman

user experience

pict by: freepik

Biasanya, Anda dapat mengenali profesionalisme pengembang website dari layanan yang mereka berikan. Dengan menggunakan jasa pengembang website yang profesional, kesalahan dalam membangun website bisa dihindari.

Jika Anda menemukan salah satu dari kesalahan di bawah ini, bisa jadi Anda memilih pengembang website yang tidak berpengalaman.

 

  • Developer Menggunakan Website Template yang Sudah Ada bukan Custom

Banyak pengembang website “nakal” yang mengakali pelanggannya dengan menggunakan website template. Di internet, Anda bisa menemukan ribuan website template yang siap pakai dan bisa dibeli dengan harga yang relatif murah.

Dengan website template, pengembang website hanya perlu mengganti warna, memodifikasi font, atau mengatur layout website. Karena mudah, biasanya waktu yang diperlukan untuk membuat website menggunakan template cenderung lebih cepat dibandingkan dengan membangun website dari nol.

Padahal, kalau hanya menggunakan website template, nampaknya Anda tidak perlu repot menggunakan jasa pengembang website. Normalnya, membangun dan mengembangkan website bisa membutuhkan waktu satu hingga dua bulan.

Jika ada pengembang website yang menawarkan harga murah dan pengerjaan yang cepat, Anda perlu mencurigainya. Bisa jadi, mereka menggunakan website template dalam pembuatannya.

Sebenarnya, tidak ada masalah yang berarti dengan website template. Namun, tampilan website Anda bisa terlihat tidak profesional atau terkesan pasaran. Selain itu, tidak semua website template bisa dimodifikasi dengan maksimal. Terlebih lagi, banyak website template tidak ramah SEO.

Perlu Anda ketahui, penting untuk sebuah website untuk memiliki fitur yang ramah SEO atau mesin pencari. Dengan memiliki website yang ramah SEO, Anda bisa memaksimalkan kemampuan website untuk muncul di laman pertama mesin pencari. Hal tersebut tentunya akan berdampak baik pada kemajuan bisnis Anda.

 

  • Mereka Tidak Memiliki Pengetahuan Copywriting yang Baik

Selain gambar dan desain yang menarik, hal apa lagi yang perlu dimiliki website Anda? Ya, kata-kata. Dengan kata-kata yang menarik, website Anda akan mendapatkan perhatian lebih dari pengunjung website. Maka dari itu, sebuah website perlu memiliki copywriting yang baik.

Ketika berkunjung ke website, customer akan mencari informasi melalui kata-kata. Usahakan, kata-kata yang ada di website terlihat singkat namun padat dengan informasi. Penjelasan yang panjang dengan sedikit informasi akan membuat pengunjung website jenuh dan bisa saja membuat mereka urung membaca lebih lanjut.

Bukan hanya manusia, mesin pencari seperti Google juga akan lebih tertarik dengan kata-kata dibandingkan gambar. Jika pengembang website tidak memiliki kemampuan copywriting yang baik, Anda bisa saja menyerahkannya pada penyedia jasa copywriting. Namun, alangkah baiknya jika layanan copywriting sudah menjadi satu dengan layanan pembuatan website.

 

  • Anda Tidak Mendapatkan Akses Penuh Terhadap Website

Walaupun Anda tidak mengerti tentang website, sudah seharusnya Anda memegang akses penuh terhadap website. Biasanya, dibutuhkan login menuju domain dan hosting website. Jika sewaktu-waktu hubungan kerja Anda dengan pengembang website terhenti, Anda tidak akan kebingungan mencari akses menuju website Anda.

Sebenarnya, beberapa pengembang website tidak memberikan akses penuh karena mereka ingin mengikat Anda sebagai kliennya. Jadi, ada semacam ketergantungan antara Anda dan perusahaan pengembang website. Hal tersebut tidak menjadi masalah selama layanan yang diberikan konsisten dan terbukti kualitasnya.

Bagaimana pun, pengembang website yang baik akan memberikan akses dan informasi mengenai login kepada Anda. Transparansi dalam e-mail dan password yang digunakan penting untuk Anda ketahui sebagai pemilik website.

 

  • Biaya Tidak Transparan

Memang, biaya membuat website yang berkualitas tidaklah murah. Namun, itu tidak berarti pengembang bisa memberikan harga seenaknya. Rincian pembelian domain, hosting, konten, dan jasa perlu ada dalam biaya pembuatan website.

Dalam membuat website, banyak elemen yang harus dibeli secara terpisah seperti domain, hosting, dan sertifikat. Selain itu, jasa desain website  juga pasti akan memakan biaya yang tidak sedikit. Sebaiknya Anda aktif dalam meminta rincian harga terutama jika pengembang website hanya bersedia memberikan nominal harga akhir.

Dengan biaya yang transparan, Anda akan bisa memperkirakan budget yang perlu Anda keluarkan. Setelah kesepakatan terjadi, jangan lupa meminta rincian untuk biaya maintenance ke depannya agar website tetap terpelihara dengan baik.

 

  • Menggunakan Layout yang Tidak Sesuai untuk Jenis Bisnis Anda

Berbeda jenis bisnis, berbeda pula website yang dibutuhkan.  Tergantung bisnis Anda, tentukan apakah Anda mau membuat website untuk membangun brand awareness, menampilkan profil perusahaan, atau sebagai toko online.

Beberapa elemen penting dalam layout sebuah website adalah pemilihan warna, penempatan logo perusahaan, penggunaan font yang tepat, serta navigasi yang mudah. Pastikan kesemuanya bekerja sama dengan baik. Ibarat sebuah toko, layout pada website adalah tata letak barang dan desain interior yang membuat nyaman pengunjung.

Jadi, semua harus dibikin semenarik mungkin agar pengunjung betah untuk berkeliling di website. Dengan layout dan konten yang menarik, website Anda tentunya akan mendatangkan lebih banyak keuntungan.

Penting bagi Anda untuk mengetahui indikasi kesalahan-kesalahan tersebut. Jika Anda menemukan salah satu atau beberapa kesalahan yang terjadi, Anda bisa melakukan diskusi ulang mengenai perkembangan website.

Sebelum berdiskusi ulang, pastikan Anda mengisi pengetahuan Anda mengenai pembuatan website terlebih dahulu. Jadi, Anda bisa dengan cermat memperhatikan kinerja pengembang website yang Anda pilih.

 

Tips Memilih Pengembang Website yang Baik

 

mobile responsive

Maka dari itu, sebelum memilih pengembang website yang profesional, Anda perlu melakukan riset mengenai perusahaan website developer tersebut. Selain itu, pertimbangkan juga rekomendasi dari kerabat atau kolega kerja Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat sedang mencari pengembang website untuk bisnis Anda.

  • Fokuskan Kebutuhan Anda

Sejak awal, tentukan apa yang Anda butuhkan dari sebuah website. apakah untuk memperkenalkan merek kepada publik, mengedukasi pengunjung website, atau menjual produk. Setiap kebutuhan tersebut memerlukan jenis website yang berbeda-beda.

Untuk jenis website yang menjual produk, misalnya, diperlukan fitur e-commerce dan live chat yang bisa menjadi fasilitas transaksi produk. Lain halnya dengan website yang bertujuan untuk memperkenalkan merek atau meningkatkan brand awareness.

Untuk kebutuhan tersebut, Anda mungkin harus bekerja keras menciptakan konten yang ramah SEO. Website juga perlu memiliki tulisan yang mengundang pengunjung untuk mengetahui lebih jauh mengenai merek.

Sebaiknya, utarakan kebutuhan Anda pada pengembang website. Website developer yang baik akan memberikan saran terbaik bagi kebutuhan website Anda.

  • Lihat Hasil Kerja yang Sudah Ada

Pengembang website berpengalaman tentu sudah memiliki jam terbang tinggi dalam membuat website. Sebelum memutuskan, Anda wajib mengetahui website apa saja yang sudah pernah dibuat oleh website developer tersebut.

Biasanya, pengembang website profesional juga memiliki ciri khas tertentu dalam membuat website. Dengan melihat website yang sudah ada, Anda bisa mencocokan gaya dan selera Anda dengan pengembang website.

Selain itu, penting juga untuk mengetahui testimoni pelanggan yang pernah ditangani oleh pengembang website. Pengalaman pelanggan sebelumnya adalah salah satu sumber tepercaya mengenai kredibilitas pengembang website.

Baca juga: Menerapkan Strategi Blogging untuk Website Bisnis Anda

 

  • Belajar dengan Cepat

Ketika Anda memutuskan untuk membuat sebuah website, berarti pekerjaan Anda akan bertambah yaitu mendukung kesuksesan website Anda. Maka dari itu, jangan terpaku oleh minimnya kemampuan Anda mengenai website.

Belajar dan usahakan untuk banyak bertanya kepada pengembang website. Anda juga bisa melakukan riset dan membaca sumber-sumber tepercaya mengenai pengelolaan website. Pengembang website yang baik tentunya mau memberikan edukasi dan informasi bagi Anda selaku pemilik website.

Bagaimana pun, Anda harus belajar untuk mengoperasikan website terlebih lagi jika Anda menginginkan sebuah toko online di website tersebut. Selain pengoperasian website, sebaiknya pelajari juga strategi digital marketing. Jika dikelola dengan baik, pendapatan yang mengalir lewat website bisa menjadi pendapatan utama bisnis.

  • Tentukan Tujuan yang Realistis

Ketika memilih bekerja sama dengan pengembang website, Anda menjadi sebuah tim. Lakukan brainstorming untuk menentukan tujuan yang ingin dicapai dalam jangka waktu tertentu.

Dalam hal website, target yang bisa Anda tetapkan adalah jumlah pengunjung website atau traffic, jumlah penjualan yang terjadi, dan menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Target serupa harus ditetapkan dan dicapai bersama Anda dan pengembang website.

Jika tidak mencapai target, sebaiknya lakukan evaluasi dan perbaiki kesalahan yang terjadi. Evaluasi bisa dilakukan setiap enam bulan sekali. Pihak pengembang website yang profesional seharusnya memiliki solusi untuk menanggulangi masalah yang muncul.

  • Persiapkan Konten Website

Bukan hanya tampilan, konten website adalah salah satu hal terpenting yang harus Anda persiapkan. Tanpa konten, tentu website Anda akan kosong dan tidak menarik. Untuk mempersiapkannya, memang dibutuhkan kreativitas yang tingi.

Konten bisa berupa gambar, video, atau artikel. Jika ragu, Anda bisa menyerahkan pembuatan konten kepada pihak ketiga. Yang terpenting, konten harus selalu dibuat agar selalu up to date dan menarik pengunjung.

Dengan menggunakan pihak ketiga, konten website bisa dibuat dengan profesional dan konsisten sehingga Anda bisa tetap fokus pada perkembangan bisnis Anda.

  • Pastikan Maintenance Terjaga

Dalam menjalin kerja sama dengan pengembang website, pastikan perjanjian kerja sama tidak berhenti sampai pembuatan website. Sebuah website perlu terus dikembangkan sesuai tren pasar dan dievaluasi secara berkala.

Maka dari itu, maintenance atau perawatan website harus masuk dalam pasal kerja sama Anda dan pengembang website. Pada dasarnya, Anda sudah mengeluarkan dana yang cukup besar untuk berinvestasi pada website.

Jadi, pelihara investasi tersebut dan pastikan Anda mendapatkan hasil yang sebanding. Secara berkala, minta juga laporan tentang perkembangan website dari pengembang.

Jika tujuan Anda adalah memiliki website profesional yang akan berdampak kuat bagi bisnis, Anda perlu mengeluarkan usaha yang lebih besar. Bukan hanya tenaga dan pikiran, biaya juga perlu dipersiapkan dengan matang.

Khusus untuk website e-commerce atau toko online, website harus mampu melayani customer dengan baik. Keberadaan sebuah website juga seharusnya bisa meningkatkan Return on Investment (ROI) bagi bisnis Anda. Dengan teknologi yang semakin maju saat ini, website harus digarap menggunakan teknik digital marketing yang cermat.

 

 

Kesimpulan

Jadi dengan mempelajari kesalahan yang biasa ada pada pengembang tidak profesional, Anda bisa menghindari keputusan yang salah dan mencari pengembang website yang lebih mumpuni untuk kesuksesan bisnis Anda.

Tentunya juga Anda harus memikirkan beberapa point diatas, salah satunya yang paling penting ialah jika Anda menginginkan website Anda dapat menumbuhkan penjualan Anda secara online maka Anda harus memilih pengembang yang telah berpengalaman dalam membuat layout website yang menarik pengunjung untuk berlama-lama di website Anda, dan dapat membuat pengunjung mengetahui secara cepat untuk memahami service atau layanan yang Anda berikan.

Jadi ketika Anda ingin melakukan sesuatu yang WOW mengapa Anda harus mengeluarkan biaya investasi yang sedikit untuk membuat mesin pencari uang online impian Anda. Pikirkan hal ini dengan matang, karena seperti yang kita ketahui website merupakan etalase usaha Anda di media online. Investasikan lebih untuk mendapatkan sesuatu yang lebih pula.

 

Jika Anda mencari developer website yang mengerti tentang kebutuhan bisnis maupun usaha Anda, Tim IndonesiaGO Digital hadir dan memiliki sebuah moto untuk melakukan revolusi bagi pengusaha- pengusaha di Indonesia untuk melek digital. IndonesiaGo DIgital dapat memberikan Anda konsultasi secara gratis sebelum Anda merencanakan untuk membuat sebuah website yang nantinya akan menjadi pilar utama Anda dalam berbisnis di dunia maya.

Hubungi kami sekarang juga di 0812 9449 0505 email halo@indonesiago.digitalatau di jasa design website

 

Baca juga: 10 Cara Terbaik Memilih Nama Domain yang Cocok untuk Branding

The post Pentingnya Memilih Pengembang Website Profesional untuk Bisnis Anda appeared first on IndonesiaGo Digital.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penetapan Hak Waris Anak di Bawah Umur

20 Elemen Website Yang Jarang Orang Tahu Tapi Bisa Menaikkan Omzet 100X Lipat

Apa Itu Google AMP dan Keuntungan Ketika Menggunakannya