Menerapkan Strategi Blogging untuk Website Bisnis Anda

Untuk mengembangkan bisnis, tentunya ada strategi-strategi bisnis yang perlu dilakukan. Apabila tidak menerapkan strategis bisnis yang tepat, maka bisnis Anda tidak akan jalan di tempat dan bisa jadi akan kalah dengan pesaing-pesaing lain yang sudah tepat strategi bisnisnya.

Dalam bisnis online, blog menjadi salah satu strategi jitu untuk membangun popularitas brand dan membuat bisnis lebih terlihat di ranah online. Blog untuk bisnis ini tentunya berbeda dengan blog-blog pribadi yang dimiliki oleh individu. Jika blog pribadi cenderung dilakukan karena hobi, blog bisnis menjadi suatu strategi marketing yang bertujuan untuk mengembangkan bisnis secara keseluruhan.

 

Pentingnya Blogging untuk Website Bisnis Anda

Banyak orang yang masih mempertanyakan pentingnya blog untuk web bisnis. Mereka menganggap menulis artikel hanya menghabiskan waktu, dan keberadaan blog tidak akan menambah penjualan secara signifikan. Padahal, hal tersebut terbukti salah besar.

Bagaimana-Saya-Menulis-dan-Publikasikan-Postingan-Blog-Setiap-Minggu

Bayangkan saja, misalnya Anda memiliki bisnis biro perjalanan online yang melayani perjalanan ke berbagai kota di Indonesia. Anda tentu ingin agar orang-orang tahu tempat-tempat bagus yang ada di Indonesia sehingga tertarik untuk berkunjung ke sana, bukan? Lalu, bagaimana cara untuk menyajikannya? Di sinilah blog menjadi media yang dapat menambah ketertarikan calon pelanggan potensial untuk menggunakan biro perjalanan Anda.

Berbeda dengan strategi pemasaran lainnya yang hanya fokus untuk meningkatkan penjualan, blog berperan untuk membangun hubungan yang baik antara bisnis Anda dengan pelanggan. Melalui konten blog yang diperbarui secara teratur dengan konten-konten yang berharga dan bermanfaat, pelanggan yang merasa terbantu pasti akan memiliki kesan positif terhadap brand Anda dan tidak akan ragu untuk berkunjung ke website bisnis Anda pada kesempatan-kesempatan berikutnya.

 

Keuntungan Melakukan Strategi Blogging untuk Bisnis

Tidak peduli seberapa besar ukuran suatu bisnis, blogging merupakan strategi yang sangat tepat untuk memasarkan dan meningkatkan penjualan bisnis. Jika Anda masih tidak percaya, berikut adalah delapan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menerapkan strategi blogging untuk website bisnis.

1.   Meningkatkan Traffic ke Web Bisnis

keuntungan seo dan ppc

Setiap bisnis yang sudah memiliki web pastinya ingin meningkatkan jumlah traffic ke websitenya dari mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan lain sebagainya. Seperti yang kita ketahui Blogging merupakan salah satu strategi SEO, maka setiap kali Anda menerbitkan artikel atau konten baru di blog, hal itu akan semakin memperbesar peluang Anda untuk mendapatkan pengunjung dari mesin pencari.

Terlebih lagi, mesin pencari umumnya lebih menyukai website dengan konten yang selalu diupdate secara kontinyu atau yang istilah teknisnya disebut freshness factor. Jadi apabila konten-konten yang Anda tampilkan pada blog selalu diperbarui secara berkala, Google atau mesin pencari lainnya akan lebih memprioritaskan website Anda untuk ditampilkan di hasil pencarian.

2.   Meningkatkan Leads

Setelah Anda memiliki traffic website yang tinggi, kesempatan Anda untuk meningkatkan leads (ketertarikan terhadap produk atau penawaran bisnis) tentunya juga akan semakin besar.

Salah satu cara untuk meningkatkan jumlah leads dari para pengunjung potensial yang berkunjung ke website Anda adalah dengan menambahkan call-to-action pada setiap tulisan blog. Call-to-action ini bisa berupa beberapa hal, seperti penawaran free trial, diskon, survei, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah proses singkat mengubah traffic menjadi leads menggunakan call-to-action:

  • Pengunjung membuka website Anda
  • Pengunjung melihat penawaran call-to-action
  • Pengunjung mengklik tombol call-to-action dan berpindah ke landing page yang berisi formulir untuk diisi
  • Pengunjung mengisi formulir dan menerima penawaran

Namun, perlu Anda ingat, tidak setiap orang yang berkunjung ke web Anda dapat berubah menjadi leads, dan hal itu bukanlah suatu masalah. Untuk itu, sediakan call-to-action pada setiap tulisan Anda dan pasanglah peringkat konversi visitor-to-lead untuk mengawasinya.

3.   Mendukung Strategi Promosi di Media Sosial

7-Trik-Sosial-Media-Untuk-Bisnis-Anda

Promosi di media sosial merupakan strategi wajib yang harus dilakukan bisnis modern saat ini. Bagaimana tidak, kini hampir semua orang lebih banyak menghabiskan waktunya di sosial media seperti Facebook, Twitter, atau Instagram daripada menonton TV dan mendengarkan radio.

Namun, menjalankan strategi promosi di media sosial ini cukup sulit jika Anda tidak memiliki konten yang unik dan bermanfaat bagi pembaca. Keuntungannya jika Anda menjalankan strategi blogging, artikel yang Anda upload di website juga bisa menjadi bahan tulisan di akun media sosial bisnis Anda.

Jadi, setiap kali Anda memposting konten blog dan membagikannya di media sosial, hal itu bisa membantu menambah pengunjung website Anda dari orang-orang yang tidak terjangkau lewat mesin pencari.

4.   Membantu Membangun Kredibilitas dan Kepercayaan Pelanggan

Menyajikan konten blog yang berkualitas juga dapat menjadi salah satu strategi yang tepat untuk membangun kredibilitas dan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis atau brand Anda.

Sebab, saat Anda rutin memberikan informasi yang berkualitas, pembaca akan menilai bahwa brand Anda dapat dipercaya dan mereka akan lebih ingat dengan dengan bisnis Anda. Namun ingat, konten yang dibuat tentunya juga harus benar-benar memberikan manfaat kepada orang lain, bukan sekadar mempromosikan bisnis Anda saja.

5.   Meningkatkan Conversion Rate

ROI

Ketika bisnis atau brand Anda sudah memiliki tingkat kepercayaan dan kredibilitas yang baik di mata pelanggan, maka otomatis conversion rate atau tingkat konversi bisnis Anda juga akan meningkat. Sebab, pelanggan umumnya lebih suka membeli dari brand yang sudah mereka percaya dan memiliki kredibilitas yang baik.

6.   Memberikan Hasil Jangka Panjang

SEO jangka panjang

Blog bisnis juga sangat berguna dan dapat memberikan keuntungan jangka panjang. Misalnya sekarang Anda memposting sebuah konten di blog, dan Anda mendapatkan 10 view serta 10 lead dari konten tersebut. Kemudian, pembaca yang menyukai tulisan Anda menyebarkannya di akun media sosial mereka sehingga artikel blog Anda semakin tersebar luas. Dari sini, Anda tentunya juga akan mendapat lebih banyak view dan lead kedepannya.

Semakin website Anda sering dikunjungi, hal ini juga memengaruhi peringkat website Anda di mesin pencari. Ini artinya, dalam hitungan beberapa hari, minggu, bulan, atau bahkan tahun ke depan, traffic website Anda bisa terus meningkat karena artikel tersebut.

Menurut Hubspot Blog, sekitar 70 persen traffic web mereka setiap bulannya datang dari artikel pada bulan sebelumnya. Sementara, sekitar 90 persen lead mereka setiap bulannya didapatkan dari artikel blog pada beberapa bulan sebelumnya. Kondisi inilah yang dalan dunia internet marketing sering disebut dengan “compounding post”.

7.   Membuat Bisnis Anda Lebih Manusiawi

Blog dapat memberikan peluang bagi Anda untuk menunjukkan siapa orang-orang atau tim di belakang bisnis Anda. Kalau bisnis Anda adalah jasa penulis, konsultan, speaker, atau trainer, orang akan tahu siapa orang yang ada di baliknya karena bisnis seperti ini pada dasarnya adalah personal branding.

Namun jika bisnis Anda menjual produk atau menggunakan nama usaha, blog dapat mebantu bisnis Anda terkesan lebih “manusiawi” dengan cara menampakkan orang di balik suatu konten atau tulisan. Hal ini merupakan salah satu strategi pemasaran yang cerdas karena kredibilitas akan lebih mudah terbangun dari hubungan manusia dengan manusia, bukan hubungan manusia dengan brand.

8.   Lebih Mudah dalam Mendapatkan Feedback dari Customer

Blog juga memungkinkan Anda untuk membangun komunikasi dua arah dengan pelanggan. Bisnis yang membuka komunikasi dengan pelanggan akan membuat kepercayaan dan loyalitas pelanggan semakin meningkat. Selain itu, adanya komunikasi yang baik dengan pelanggan juga memudahkan Anda dalam mendapatkan feedback yang berguna bagi kemajuan bisnis Anda kedepannya.

Tips Strategi Pemasaran Melalui Blog

target

Nah, agar strategi pemasaran melalui blog efektif dan membuahkan hasil yang optimal, berikut adalah beberapa tips penting yang patut Anda perhatikan.

 

1.   Tulis Konten yang Beragam

Konten yang beragam berperan besar dalam meningkatkan traffic ke website bisnis Anda. Jadi, dalam mengisi post di blog, pastikan Anda menerbitkan beberapa jenis tulisan, seperti misalnya tentang “bagaimana cara”, “list”, hingga artikel yang cukup berbobot.

 

2.   Tulis Konten yang Kekinian

Agar menarik minat pembaca, Anda tentu harus menulis konten-konten “kekinian” yang tetap relevan dengan brand atau bisnis Anda. Dengan menulis artikel-artikel yang sedang hangat dan ramai diperbincangkan, maka akan semakin banyak pembaca yang ingin membaca tulisan Anda dan membagikannya ke akun media sosial mereka.

 

3.   Gunakan Headline atau Judul yang Menggoda

Headline memiliki peran yang sangat vital dalam strategi pemasaran melalui blog karena hal ini seringkali menjadi penentu dibaca atau tidaknya suatu tulisan. Ketika sebuah konten diposting, yang muncul pertama kali di hasil pencarian mesin pencari adalah judulnya. Meskipun isi tulisan sebenarnya berbobot, tetapi jika headlinenya tidak cukup menarik untuk diklik, maka isi dari tulisan tersebut tak ada lagi nilainya.

Contohnya seperti ini, jika ada dua artikel dengan judul “Cara Meningkatkan Traffic Web” dan “Inilah 5 Langkah Meningkatkan Traffic Web hingga 216%”, manakah yang akan Anda pilih? Jika Anda mengklik judul yang kedua, berarti pemikiran Anda sama dengan 90 persen manusia normal lainya.

Nah, agar dapat membuat judul yang viral, sebaiknya perhatikan tips 4U dari Copyblogger berikut ini.

  • Useful – dapat memberkan manfaat untuk pembaca
  • Urgency – memiliki kesan mendesak, darurat, atau penting
  • Unique – menyajikan pembahasan atau ide utama dari sudut pandang yang berbeda dari konten kebanyakan
  • Ultra Specific – ditulis dengan sangat spesifik

 

4.   Gunakan Video, Gambar, serta Infografis

Inilah-sumber-terbaik-untuk-pemasaran-online-dan-SEO

Semakin beragam konten visual yang dihadirkan di dalam suatu artikel, maka akan semakin besar pula kemungkinan pembaca untuk menyebarkan artikel tersebut ke akun media sosialnya. Beberapa pembaca ada yang menyukai informasi dalam bentuk video, gambar dan tulisan, atau infografis. Karenanya, jika Anda menyajikan konten visual yang beragam, hal itu dapat mengakomodasi para pembaca yang memiliki preferensinya berbeda-beda.

5.   Tambahkan Internal Link

Link atau tautan menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi algoritma penentuan peringkat dari mesin pencari. Karenanya, akan sangat baik jika Anda memasukkan internal link atau tautan ke konten-konten Anda lainnya di setiap tulisan.

Peran-Vital-Internal-Linking-Dalam-Upaya-SEO-Website

Misalnya seperti ini, jika Anda membahas tentang digital marketing, Anda bisa menambahkan link pada frasa “strategi content marketing” agar terhubung dengan artikel lainnya yang membahas tentang strategi content marketing.

6.   Tambahkan Share Buttons

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, semakin banyak orang yang menyebarkan tulisan Anda, maka akan semakin tinggi pula traffic web yang akan Anda dapatkan. Karenanya, agar pembaca dapat membagikan tulisan Anda ke media sosial mereka, Anda juga harus menyediakan social share buttons di posisi yang mudah terlihat dan tidak menyulitkan pembaca untuk membagikan tulisan.

7.   Kenali Pembaca

Mengenali pembaca blog merupakan langkah penting yang harus Anda lakukan agar bisa menentukan topik tulisan. Untuk melakukan hal ini, salah satu tool yang dapat Anda gunakan adalah Google Analytics. Melalui Google Analytics, Anda dapat melihat sejumlah informasi mengenai pengunjung blog Anda, mulai dari umur, jenis kelamin, hingga ketertarikan mereka.

Dari informasi tersebut, selanjutnya Anda bisa menentukan jenis tulisan yang cocok untuk para pembaca. Misalnya jika mayoritas pembaca blog Anda adalah wanita yang berumur 35 sampai 44 tahun, maka topik tulisan yang bisa Anda pilih adalah tentang fesyen, kecantikan, perlengkapan rumah tangga, ataupun kesehatan wanita.

Jika Anda dapat membaca kebutuhan serta ketertarikan pembaca, tulisan yang Anda bagikan tentu juga akan semakin berguna bagi mereka. Dengan begitu, loyalitas mereka terhadap bisnis Anda pastinya juga akan terjaga.

 

8.   Guest Blogging

Guest blogging adalah salah satu strategi pemasaran online yang dilakukan dengan cara menulis konten untuk dipublikasikan ke blog orang lain yang bukan milik Anda. Sejak tahun 2016, strategi ini menjadi salah satu tren digital marketing yang banyak diterapkan oleh para bebisnis dan marketer untuk meningkatkan brand awareness bisnis mereka.

Guest-Blogging--Cara-Nomer-Satu-Untuk-Membangun-Kualitas-Link-Dan-Mendapatkan-Traffic

Salah satu perusahaan yang sukses menerapkan strategi ini adalah Intel. Saat itu, Intel mempekerjakan Ekaterina Walter, seorang guest blogger yang juga berkontribusi dengan The Next Web, Mashable, Fast Company, serta blog-blog besar lainnya.

Yang dikerjakan Ekaterina adalah membangun personal brandnya sendiri. Namun di kesempatan yang sama, ia juga membuat tulisan tentang bagaimana dirinya senang bekerja di Intel. Hasilnya, Intel sukses membangun kredibilitas perusahaan dan Ekaterina sukses menjadi selebriti media sosial.

 

Menerapkan Teknik Optimasi SEO

Berdasarkan data dari Hubspot, 80 persen traffic sebuah website dimulai dari pencarian yang dilakukan melalui mesin pencari. Karenanya, teknik optimasi SEO (Search Engine Optimation) memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan traffic sebuah website.

Ahli-SEO-Bagaimana-Mendapatkan-Website-Law-Firm-Anda-di-Halaman-1-Google

Namun, teknik optimasi SEO sebaiknya juga tidak dilakukan secara berlebihan. Sebab, jika Anda terlalu berusaha keras memanipulasi mesin pencari dengan memberikan persentase khusus untuk kemunculan keyword, artikel Anda bisa jadi malah akan dianggap spam. Yang lebih parah lagi, pembaca akan tidap puas dengan artikel yang Anda sajikan karena terlalu kaku dan tidak human friendly.

Perlu diingat, Anda menulis artikel untuk menusia, bukan untuk mesin. Jadi, yang harus menjadi fokus utama Anda dalam menulis artikel adalah untuk memuaskan manusia. Ketika pembaca sudah puas, maka secara sendirinya Google juga akan menempatkan artikel Anda di puncak. Dalam teknik optimasi SEO modern, artikel yang SEO friendly adalah artikel yang human friendly.

Di samping itu, dalam memilih keyword, pastikan untuk memilih keyword dengan volume pencarian yang tinggi. Caranya, setiap kali akan membuat konten baru, masukkan topik yang ingin Anda tulis ke Google Keyword Planner dan kemudian gunakan kombinasi kata dengan volume pencarian yang paling besar sebagai keyword utama pada bagian judul, tubuh artikel, serta meta description.

Demikianlah beberapa keuntungan menjalankan strategi blogging untuk bisnis. Apapun jenis bisnis Anda, blogging merupakan hal yang harus Anda lakukan sekarang juga. Semoga bermanfaat!

 

Baca Juga: Guest Blogging: Cara Nomer Satu Untuk Membangun Kualitas Link Dan Mendapatkan Traffic

The post Menerapkan Strategi Blogging untuk Website Bisnis Anda appeared first on IndonesiaGo Digital.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penetapan Hak Waris Anak di Bawah Umur

20 Elemen Website Yang Jarang Orang Tahu Tapi Bisa Menaikkan Omzet 100X Lipat

Apa Itu Google AMP dan Keuntungan Ketika Menggunakannya