7 Sosial Media Tips Untuk Bisnis Anda

Sejak kemunculannya pada awal tahun 2010an, sosial media sudah bertransformasi menjadi sesuatu yang sulit dipisahkan dari kehidupan manusia sehari-hari. Dalam dunia digital marketing ia pun memiliki peranan yang vital dan harus bisa Anda manfaatkan agar dapat menghasilkan keuntungan untuk bisnis Anda.

Sayangnya kebanyakan orang justru keburu menghabiskan waktu berjam-jam di media sosial ini tanpa menghasilkan keuntungan yang berarti. Padahal masih banyak pekerjaan bisnis lain yang perlu dilakukan disaat bersamaan.

Jika Anda salah satu yang pernah mengalami masalah serupa, maka artikel ini sangat cocok untuk Anda. Inilah 7 Tips media sosial dengan akun media sosial bisnis yang Anda miliki. Kabar baiknya langkah-langkah berikut hanya perlu menyita waktu Anda sekitar 10 menit setiap harinya.

Penasaran? Simak selengkapnya lewat ulasan berikut.

1. Tentukan Prioritas

Tidak seperti 7 tahun yang lalu. Hari ini jumlah media sosial yang ada sudah sangat banyak. Masing-masing juga memiliki keunikan tersendiri. Tentu akan menyita sumber daya yang sangat banyak apabila Anda hanya mengikuti tren dengan membuat banyak akun perusahaan Anda di media-media sosial yang berbeda.

Untuk itulah Anda perlu menentukan prioritas. Media sosial mana yang akan fokus Anda gunakan dan media sosial mana yang sekedar Anda update agar tidak kosong saja. Data berikut bisa membantu Anda menentukan pilihan tersebut.

Dari data diatas terlihat facebook masih sangat mendominasi disusul Instagram, Twitter, LINE dan LinkedIn di bagian bawah. Oleh karena itu Anda cukup fokus pada beberapa saja seperti Facebook, Instagram dan Twitter.

Akan lebih bagus lagi apabila Anda menentukan fokus utama diantara ketiga platform tersebut. Kalau menilik dari data tentu facebook jawabannya.

Sebagian dari Anda mungkin merasa kalau facebook mulai ditinggalkan oleh orang-orang. Padahal kenyataannya menampilkan hal yang sebaliknya. Pun jika data diatas masih kurang meneguhkan keyakinan Anda akan facebook, Anda bisa melihat data lain seperti yang ada pada grafik dibawah ini.

Maka yang harus Anda lakukan dari sekarang ialah mulai fokus pada laman facebook perusahaan Anda. Anda bisa saja mengecek Instagram atau Twitter perusahaan setiap hari, tetapi alokasi waktu yang Anda berikan untuk facebook semestinya lebih banyak lagi.

Prioritas ini penting agar Anda tidak menghabiskan waktu Anda untuk mengejar sesuatu yang tidak terlalu berdampak banyak bagi bisnis Anda. Maksimalkanlah usaha Anda pada hal-hal yang memang secara jelas dapat memberikan keuntungan yang lebih besar dalam penjualan Anda.

Meskipun begitu pada bagian-bagian selanjutnya kita akan mempelajari bagaimana Anda hanya perlu menghabiskan 10 menit saja di media sosial setiap harinya. Dengan pemakaian waktu di media sosial yang semakin sedikit, tentu waktu yang bisa Anda pakai untuk mengurus bagian lain pada bisnis Anda menjadi lebih banyak bukan?

2. Lihat Semua Lewat Satu Portal Dengan Hootsuite

Mungkinkah kita mampu mengecek perkembangan di seluruh media sosial yang kita miliki dalam satu waktu?

Jawabannya tentu sangat mungkin. Anda bisa memanfaatkan aplikasi yang mampu menggabungkan timeline media sosial tersebut seperti Hootsuite. Anda hanya perlu menginstall aplikasi tersebut dan menghubungkan akun-akun media sosial perusahaan Anda satu persatu.

Maka nantinya segala pembaruan yang terjadi di platform manapun bisa langsung Anda ketahui secara mudah. Hanya lewat satu pintu aplikasi Anda bisa mengetahui mention terbaru, direct message Instagram yang baru masuk serta pesan-pesan yang dikirimkan lewat fasilitas chat milik facebook.

Lebih jauh Anda bisa memanfaatkan sarana ini untuk mempermudah pembagian kerja dalam hal menanggapi para customer. Semisal ada yang menanyakan tentang spesifikasi lengkap suatu produk dengan cara membuat tweet di twitter. Selagi detil produk-produk Anda terdapat di facebook, maka Anda bisa meminta customer tersebut untuk menanyakan hal serupa di laman facebook Anda.

Kasus diatas tentu sangat mungkin Anda lakukan bila admin media sosial Anda lebih dari satu orang dan masing-masing memegang peranan tersendiri. Membuka semua media sosial secara bersamaan dengan aplikasi semacam ini tentu dapat membuat kerja tim Anda lebih mudah dan terarah.

3. Ikuti Perkembangan Brand Ternama dengan Feedly

Sekarang pertanyaannya, apakah yang mesti Anda lakukan setelah Anda mengecek pembaruan dari setiap akun media sosial yang Anda miliki? Jawabannya tentu membuat postingan di media-media sosial tersebut. Lantas dengan apa Anda akan membuat postingan?

Tentu bahan postingan utama Anda haruslah berasal dari konten-konten yang Anda produksi secara mandiri. Akan tetapi tentu tidak cukup jika kita hanya mengandalkan hal tersebut. Lagipula bukankah seringkali kita kesulitan dalam mencari ide pembuatan konten berikutnya?

Salah satu cara efektif untuk mengatasi permasalahan ini ialah dengan membagikan konten yang sedang hits dan berhubungan dengan bidang bisnis yang Anda kembangkan. Tentunya ini bisa Anda dapatkan dengan mudah jika Anda berkunjung ke laman-laman yang dikelola oleh brand ternama.

Tetapi masalah bisa kembali muncul jika Anda harus membuka website brand-brand ternama tersebut satu demi satu. Bukankah semua bisa jadi lebih mudah kalau Anda hanya perlu membuka satu aplikasi untuk melihat perkembangan dari belasan brand yang Anda ikuti?

http://ift.tt/2jCbhtj

Maka mulailah berterimakasih pada pencipta aplikasi Feedly. Sebab aplikasi inilah yang bisa menjadi solusi praktis bagi permasalahan kita bersama. Anda cukup membuka laman feedly.com dan tinggal mengunduh aplikasi tersebut secara gratis.

Jika sudah terinstal, Anda bisa langsung mencari brand ternama yang bidangnya berkaitan dengan bisnis yang Anda jalankan. Untuk mengikuti perkembangannya Anda cukup menge-klik “Follow” dan kemudian beberapa brand lain yang berkaitan akan ikut muncul. Anda bisa memilih untuk langsung mem-follow brand-brand tersebut juga apabila Anda tertarik untuk mengikuti perkembangannya.

Keuntungan lain bila Anda menggunakan Feedly adalah Anda bisa melihat konten apa yang sedang menjadi tren pembicaraan di dunia maya. Dengan membagikan tautan yang sedang populer tentu akun media sosial Anda bisa ikut menjadi ramai dengan sendirinya.

Tetapi ingatlah bahwa sebaiknya Anda hanya membagikan konten yang memang berkaitan dengan bidang bisnis Anda. Membagikan konten viral yang tidak berhubungan dengan bisnis Anda malahan bisa membuat akun Anda terlihat aneh alih-alih ingin membuatnya terlihat profesional.

4. Siapkan Stok Konten dan Atur Jadwal Postingan

Terkadang aktivitas di media sosial memang harus menyita banyak waktu. Pasalnya Anda perlu mengecek perkembangan, membuat postingan, melihat kolom komentar, dan lain sebagainya. Apakah aktivitas-aktivitas tersebut bisa dilakukan hanya dengan beberapa menit disetiap harinya?

Jawabannya tentu saja bisa. Caranya tidak lain dengan mengalokasikan ‘waktu khusus’ untuk fokus pada kegiatan-kegiatan yang menyita banyak waktu seperti mencari ide dan menjadwalkan waktu postingan. Anda bisa menentukan satu hari khusus dalam seminggu atau beberapa hari dalam sebulan untuk melakukan pekerjaan ini.

7 Trik Sosial Media Untuk Bisnis Anda 4

http://ift.tt/2jFoykX

Pada ‘waktu khusus’ tersebut Anda bisa menjadwalkan kapan konten-konten Anda akan dipublikasikan. Berapa lama jarak postingan di facebook, twitter, Instagram, dan media sosial lainnya juga bisa Anda rancang di ‘waktu khusus’ ini. Sehingga Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk kebingungan memikirkan rencana postingan setiap harinya.

Anda juga bisa menggunakan strategi reposting content. Tidak ada salahnya bukan jika Anda memposting kembali konten yang pernah Anda terbitkan beberapa minggu yang lalu? Lagipula dalam sehari postingan yang muncul di media sosial sangat banyak dan besar kemungkinan followers Anda belum sempat melihat beberapa postingan di waktu yang lalu.

Maka dari itu Anda juga harus mulai berpikir untuk menciptakan konten yang tidak bergantung kepada waktu alias timeless. Konten semacam ini bisa Anda posting ulang beberapa kali tanpa mengandung unsur keanehan dari segi aktualitas konten. Sekedar contoh bagi Anda yang menjalankan bisnis seputar keuangan bisa membuat konten berjudul “Trik Mengatur Keuangan bagi Generasi Milenial”.

5. Lakukan Posting Otomatis Pada Jam yang Tepat

Mulai saat ini gunakanlah aplikasi pemosting otomatis seperti Buffer untuk menghemat waktu Anda di media sosial. Anda hanya perlu menentukan kapan saja waktu postingan Anda akan diposting beserta isi konten postingannya. Aplikasi tersebut akan langsung memposting konten tersebut sesuai waktu yang telah Anda tentukan secara otomatis.

Tinggal yang perlu Anda perhatikan ialah kapan waktu yang tepat untuk memposting sesuatu. Ada waktu-waktu dimana jika Anda memosting sesuatu tentu jangkauannya akan rendah karena kebanyakan orang tidak sedang online pada waktu tersebut. Inilah yang disebut dengan istilah dead zones dan Anda harus benar-benar menghindarinya.

http://ift.tt/2jFoykX

Semisal Anda terlambat menyelesaikan pembuatan konten hingga jam 11 malam. Kemudian karena dalam sehari tidak ada konten yang Anda posting, Anda berencana untuk segera memosting saat itu juga. Tentu pilihan ini salah sebab dead zones dari berbagai media sosial umumnya terjadi mulai jam 12 malam hingga jam 8 pagi. Maka pilihan untuk menunda waktu posting hingga pagi telah tiba adalah pilihan yang terbaik dalam kasus ini.

Namun kasus diatas sesungguhnya bisa diantisipasi dengan membuat stok konten dan menyetel waktu posting otomatis dengan aplikasi seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Cara ini memang sedikit merepotkan tetapi percayalah bahwa hal ini dapat benar-benar membantu Anda.

6. Buat Lists di Twitter

Jika Anda menggunakan media sosial Twitter, cara yang satu ini sangat patut untuk dicoba. Pasalnya dengan cara ini Anda bisa membatasi dari siapa saja suatu update akan Anda dapatkan. Hal ini tentu dapat membantu Anda keluar dari lautan informasi yang sangat luas dan dalam di linimasa Twitter Anda.

Caranya cukup dengan menge-klik foto profil Anda di pojok kanan atas dan memilih menu “Lists”. Berikutnya Anda tinggal menentukan siapa saja yang ingin Anda masukkan ke dalam “Lists” tersebut dan Anda bisa memberi nama pada “Lists” yang baru saja Anda buat.

Anda juga sangat disarankan untuk membuat “Lists” berdasarkan subjek-subjek tertentu. Seperti misalnya “Lists” berita pemasaran terbaru, “Lists” dari para pemilik brand ternama, atau “Lists” tertentu yang berkaitan dengan bidang bisnis Anda. Kelak para followers Anda bisa ikut bergabung dengan “Lists” tersebut dan kepercayaan mereka kepada bisnis Anda pun akan semakin meningkat.

7. Ikuti Akun-akun Ternama dengan Sales Navigator LinkedIn

LinkedIn mungkin belum setenar facebook atau Twitter, namun hal itu bukan berarti Anda bisa meninggalkannya begitu saja. Sebab bagaimanapun kemudahan mengakses perkembangan dari brand-brand ternama lewat LinkedIn sangat sulit untuk dilewatkan.

7 Trik Sosial Media Untuk Bisnis Anda 6

http://ift.tt/eZnnjC

Cukup dengan mem-follow brand-brand tertentu, Anda bisa mendapatkan seluruh update yang berkaitan dengan brand tersebut. Mulai dari konten terbaru apa yang mereka hasilkan sampai situs apa saja yang menyebut-nyebut nama mereka dalam berita terkini.

Semuanya akan Anda dapatkan secara mudah dan ringkas di Inbox LinkedIn Anda. Jadi pastikan Anda memanfaatkan hal tersebut dengan baik. Rasanya hanya perlu waktu kurang dari 5 menit untuk membuka LinkedIn, mengecek Inbox-nya dan mengeklik pembaruan yang membuat Anda tertarik bukan?

Simpulan

Pada dasarnya jika Anda hanya ingin menghabiskan sedikit waktu di media sosial maka Anda harus menggunakan waktu yang sedikit itu dengan seefektif mungkin. Oleh karenanya Anda sangat disarankan untuk membuat stok dan jadwal postingan di satu waktu khusus dalam sepekan.

Terakhir, ingatlah bahwa media sosial hari ini sudah sangat luas dan hampir segalanya bisa Anda temui disana. Jika Anda bisa fokus pada usaha dan tujuan Anda tentu bukan tidak mungkin ketenaran di media sosial akan segera perusahaan Anda dapatkan.

Apakah Anda membutuhkan bantuan dalam mengoptimasi sosial media bisnis atau perusahaan Anda? Indonesiago.digital siap membantu Anda. Berikan kami direct phone di  089601665175 atau email ke halo@indonesiago.digital.

The post 7 Sosial Media Tips Untuk Bisnis Anda appeared first on IndonesiaGo Digital.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penetapan Hak Waris Anak di Bawah Umur

20 Elemen Website Yang Jarang Orang Tahu Tapi Bisa Menaikkan Omzet 100X Lipat

Apa Itu Google AMP dan Keuntungan Ketika Menggunakannya