Tips-tips dalam Berdigital Marketing

Digital marketing atau pemasaran digital memang sudah tidak lagi menjadi hal yang asing. Kini, hampir semua pengusaha sudah mengerti pentingnya digital marketing untuk kesuksesan bisnis mereka. Namun, dalam menerapkan strategi ini, tetaplah dibutuhkan perencanaan yang terstruktur agar strategi yang diterapkan dapat berjalan dengan lancar dan mencapai hasil yang diharapkan.

Untuk itu, bagi Anda yang baru akan memulainya, alangkah lebih baik jika Anda memperthatikan tips-tips berdigital marketing berikut ini.

Perhatikan bisnis Anda

Sebelum melakukan pemasaran digital, perhatikan terlebih dahulu bisnis Anda secara keseluruhan. Apabila masih ada hal-hal dalam bisnis Anda yang buruk, lakukan evaluasi dan perbaiki kesalahannya, karena keberhasilan strategi digital marketing dapat terwujud dengan perbaikan terhadap setiap aspek bisnis.

Perbaiki layanan pelanggan Anda

Kedua, ulas kembali layanan bisnis Anda kepada pelanggan, baik melalui komentar di website, media sosial, email, ataupun panggilan telepon. Meskipun bisnis atau brand Anda sudah dikenal banyak orang, pelayanan kepada pelanggan tetaplah menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Jika ada ulasan yang buruk dari pelanggan di internet, hal tersebut bisa merusak reputasi bisnis Anda dengan sangat cepat. Sebaliknya, jika layanan bisnis Anda baik, maka proses digital marketing hingga ke transaksi akan berjalan dengan lancar.

Pahami konsumen Anda

Tips-tips berdigital marketing berikutnya adalah memahami konsumen. Agar pemasaran bisnis dapat terlaksana secara efektif, maka Anda perlu memahami orang-orang yang membutuhkan produk atau jasa yang Anda tawarkan dan mengapa mereka harus memilih Anda.
Oleh karena itu, pertanyaan-pertanyaan seperti masalah apa yang dihadapi konsumen sehingga bisa dibantu oleh produk atau jasa Anda, faktor apa yang akan mendorong mereka untuk melakukan transaksi, hingga kelebihan apa yang Anda miliki dibandingkan pesaing lain menjadi poin penting yang perlu Anda dipertimbangkan dengan sangat matang.

Manfaatkan media sosial

Saat ini, hampir semua orang memiliki akun media sosial. Bahkan, satu orang saja bisa memiliki lebih dari satu akun. Dalam dunia bisnis, hal ini tentu bisa menjadi media yang sangat ampuh dalam menerapkan digital marketing. Dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, ataupun Twitter, produk atau jasa yang Anda tawarkan dapat memiliki jangkauan yang lebih luas, sehingga peluang untuk memperoleh pelanggan pun akan semakin besar.

Manfaatkan mesin pencari

Selain media sosial, mesin pencari seperti Google juga bisa menjadi media yang tepat untuk melakukan teknik digital marketing. Dengan melakukan optimasi web bisnis menggunakan teknik-teknik Search Engine Optimation (SEO), peluang untuk meningkatkan kunjungan dan terjadinya transaksi bisnis bisa semakin besar.

Manfaatkan mobile

Dengan meningkatnya pengguna smartphone dan tablet, penyesuaian pesan dan konten pemasaran untuk platform mobile juga menjadi suatu keharusan dalam menerapkan teknik pemasaran digital. Beberapa situs mencatat bahwa 30 sampai 40 persen traffic web berasal dari perangkat mobile. Karenanya, penting bagi Anda yang sudah memiliki website untuk mendesain ulang website tersebut agar responsif dan dapat berjalan dengan baik pada perangkat bergerak.

Perhatikan konten promosi

Konten website juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan dalam melakukan pemasaran digital. Karena akan sangat percuma jika Anda sudah memiliki web bisnis, tetapi web tersebut tidak menarik bagi pelanggan. Setidaknya ada 5 konten dasar yang harus Anda masukkan dalam web bisnis, antara lain konten yang bermanfaat bagi pelanggan, konten yang dapat meningkatkan kepercayaan terhadap produk yang Ada tawarkan, berita singkat mengenai brand atau perusahaan, testimonial kepuasan pelanggan, serta form contact beserta contact person yang bisa dihubungi.

Membangun brand

Tips terakhir dalam melakukan digital marketing adalah membangun brand awareness. Brand atau merek tentu tidak dapat dibangun dalam sekejap. Brand harus dibangun dengan tetap melakukan berbagai kegiatan promosi secara konsisten. Untuk itu, penting bagi Anda untuk mempersiapkan anggaran guna mendukung kegiatan tersebut.

Itulah tips-tips berdigital marketing yang perlu Anda perhatikan. Semoga bermanfaat!

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang bagaimana kami dapat membantu bisnis Anda , dan bagaimana kami membawa bisnis Anda kepada lebih banyak klien baru setiap bulannya, hubung kami di halo@indonesiago.digital atau kunjungi website kami indonesiago.digital

The post Tips-tips dalam Berdigital Marketing appeared first on IndonesiaGo Digital.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penetapan Hak Waris Anak di Bawah Umur

20 Elemen Website Yang Jarang Orang Tahu Tapi Bisa Menaikkan Omzet 100X Lipat

Apa Itu Google AMP dan Keuntungan Ketika Menggunakannya